Kamis, 09 Mei 2019 17:31 WIB

Sudah Tahu? Ini Cara Pakai Layanan GrabWheels di BSD City

Nabilla Novianty Putri - detikInet
Foto: Nabilla Novianty Putri/detikcom Foto: Nabilla Novianty Putri/detikcom
Jakarta - Layanan GrabWheels sudah tersedia di Tanah Air. Meski masih dalam tahap uji coba, layanan ini sudah bisa dijajal di kawasan BSD City, Tangerang. Ingin tahu cara pakai skuter listrik ini?

Pertama, agar bisa menggunakan layanan ini, seseorang harus mengunduh aplikasi GrabWheels di perangkat iOS atau Android. Setelah itu pengguna akan mendapatkan training guides atau tata cara menggunakannya.

Kemudian pengguna bisa buka scan QR code untuk memindai kode pada skuter GrabWheels. Fungsinya adalah untuk membuka kunci. Setelah terbuka jangan lupa menggunakan helm untuk keselamatan berkendara. Petugas yang berjaga di parking area Drop of Pick up (DOP) akan membantu untuk menggunakannya.




Saat melakukan scan barcode, pengguna akan mengetahui jarak tempuh yang bisa dilalui oleh skuter listrik tersebut melalui perangkat smartphone.

Petugas di lokasi tak segan memberikan contoh sebelum bisa mengendarai skuter listrik itu sendiri. Intinya, skuter listrik ini sama seperti skuter manual pada umumnya. Namun, terdapat fasilitas dorongan tambahan sehingga kaki tidak capek mengayun. Tenaga yang dihasilkan berasal dari daya listrik.




Saat menaikinya, posisikan kaki kanan di atas pijakan. Agar bisa melaju, memang perlu satu dorongan kuat. Kemudian setelah melaju dengan lancar, pengguna bisa menekan tombol di bagian stang kanan untuk menggunakan tenaga listrik.

Skuter listrik ini dilengkapi dengan sistem pengereman ganda. Satu rem berada di bagian belakang pijakan kaki. Satu lagi ada tombol rem di bagian stang kiri. Kekuatan rem kaki sebenarnya lebih kuat dibandingkan rem di tombol.




Ketika skuter listrik ini sudah melaju, mulailah menyeimbangkan badan. Sesuaikan kecepatan skuter dengan keseimbangan tubuh.

Saat pertama kali mencoba, memang terasa sedikit kaku. Namun lama-kelamaan akan terbiasa dan nyaman saat mengendarai skuter listrik ini, bahkan saat melewati polisi tidur atau jalanan yang tak terlalu rata, dan juga tanjakan serta turunan.

Di bagian stang kanan juga dilengkapi dengan bel 'ting-ting' sebagai klakson skuter listrik. Di tengah stang terdapat spidometer kecepatan saat melaju beserta tombol lampu untuk malam hari. Kecepatan maksimal saat melaju hanya 15 km/jam dan jarak setiap perjalanan hanya 3-5 km untuk 30 menit.


(prf/krs)