Jumat, 03 Mei 2019 13:40 WIB

Kisah TV Kabel Tayangkan Film 'Avengers: Endgame' Bajakan

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: dok. istimewa Foto: dok. istimewa
Jakarta - Sebuah perusahaan TV kabel digugat secara hukum atas dugaan menayangkan kopi bajakan "Avengers: Endgame", hanya sehari setelah film itu tayang pertama kalinya.

Seperti diwartakan Engadget, Jumat (3/5/2019), kejadian itu terjadi di Filipina. Website kantor berita Filipina, pna.gov.ph, pun mengulas lebih lanjut kisah tersebut.

Disebutkan bahwa perusahaan TV kabel di wilayah Dipolog, Zamboanga del Norte, yang bernama Orient Cable and Telecommunications, menayangkan film "Avengers: Endgame" dalam format bajakan hanya sehari setelah premier film populer tersebut pada pekan lalu.




Hal ini bukan cuma memicu reaksi keras dari para fans Marvel Cinematic Universe (MCU) di wilayah setempat, yang menumpahkan rasa geramnya di Facebook, melainkan juga langkah gugatan hukum terhadap Orient Cable and Telecommunications. Adalah Teatro de Dapitan, pemegang hak tayang film "Avengers: Endgame" di area tersebut, yang telah mengadukan hal ini ke kepolisian.

Menariknya, setelah kuasa hukum Teatro de Dapitan lapor polisi, Orient Cable langsung menyetop film bajakan "Avengers: Endgame" dan kemudian menggantinya dengan film lawas, yang juga disebutkan dalam format bajakan, bertajuk "Captain Barbel".




"Kami sudah pasti mengajukan gugatan hukum ke Orient Cable," kata pengacara Chembeelyn Alpeche-Balucan yang mewakili Teatro de Dapitan.

Ditambahkan pna.gov.ph, pada saat kisah itu diberitakan belum ada keterangan resmi dari pihak manajemen Orient Cable, yang masih menolak untuk memberikan pernyataan.


(krs/asj)