Sabtu, 23 Mar 2019 12:00 WIB

Istilah Kelakar Medsos: Negara Berflower sampai Netizen +62

Kris Fathoni W - detikInet
Ilustrasi. Foto: Istock Ilustrasi. Foto: Istock
Jakarta - Pernah ketemu istilah negara berflower, negara +62, dan sefruit saran di media sosial? Ya, itu segelintir kelakar medsos saat ini.

Buat yang baru pertama menemui istilah macam itu, kening bisa berkernyit. Ada juga sih yang langsung bisa menemukan maknanya usai berpikir sejenak. Ada pula yang mesti bertanya dulu ke orang lain atau malah "nyontek" ke kolom komentar di medsos tertentu.



Nah, berikut sejumlah istilah kelakar medsos yang belakangan cukup ramai dipergunakan oleh netizen. Siapa tahu ada yang belum kamu tahu:

1. Yang setuju like komentar gue

Hal ini lazim muncul hampir di semua medsos. Tentu tak sulit menebak maknanya: si penulis ingin mendulang like banyak-banyak dan siapa tahu jadi top comment.

2. Yang setuju like, yang nggak setuju kasih komen

Yang ini mirip dengan yang sebelumnya, tapi sudah melewati fase "penyempurnaan". Ada modifikasi di bagian akhir sehingga bukan cuma berpotensi merengkuh banyak like, melainkan juga banjir komentar balasan. Model polling gitu deh.

3. Tak semudah itu, Ferguso... Ah sudahlah, Esmeralda

Siapa sih Ferguso dan Esmeralda? Nggak usah terlalu dipikirin. Mereka semata nama-nama sosok Amerika Latin yang biasa jadi karakter di film telenovela asal negara tersebut.

Nah, di Indonesia seri telenovela itu lazim disulihsuarakan dengan hasil percakapan yang terkadang... "ajaib". Kalau sudah begitu, jangan harap lolos dari perhatian netizen. Eits, tak semudah itu, Ferguso!



4. Apa cuma gue yang nggak tahu dia siapa?

Tentu kamu tak terlalu asing menemui pernyataan semacam ini di berbagai medsos. Awas, maknanya belum tentu sungguh-sungguh bertanya. Tak sedikit netizen yang melontarkannya dengan niatan sarkas karena menganggap orang yang dikomentarinya tak penting.

Di sisi lain, ada pula yang memang benar-benar tidak tahu, padahal sebenarnya kepo berat! Jadilah dia mancing-mancing dengan gaya cuek, berharap ada yang menimpali.

5. Apa gue doang yang cari tahu di kolom komentar?

Nah, yang ini mirip-mirip tipikal pada poin sebelumnya. Ya, mungkin bisa dikatakan satu level lebih tinggi.

Selain masih berpotensi punya makna sarkas, lewat istilah ini bisa jadi pula si netizen kepo hendak memperlihatkan kemampuan dirinya berinisiatif mengecek kolom komentar medsos untuk berusaha mencari tahu.

6. Negara berflower

Istilah ini sebenarnya sudah berseliweran cukup lama di jagat medsos, sampai kemudian merembet pula ke bahasa instant messaging. Maka, banyak yang sudah tahu maknanya tapi tak sedikit pula yang masih nggak paham.

Jadi maksudnya gimana? Simpel, "flower" itu kan bahasa Inggris untuk "kembang". Nah, dalam kamus campur-campur ala netizen jadilah "negara berflower" itu artinya negara ber...kembang. Yup, istilah ini sering dipakai untuk merujuk ke Indonesia sendiri.



7. Netizen +62

Satu lagi inovasi tak ada habisnya dari warganet Indonesia. Bukan cuma "negara berflower", Indonesia juga sering diistilahkan dengan "negara +62".

Penggunaan +62 itu sendiri merujuk pada kode telepon yang digunakan Indonesia di dunia. Jadilah "negara +62" bermakna "negara Indonesia". Ada pula varian populer lain yakni "netizen +62", yang tentu saja merujuk pada warganet di Tanah Air.

8. Sefruit saran

Ah, satu lagi istilah yang sudah cukup lama muncul di dunia per-medsos-an Indonesia dengan formula kamus campur-campur ala netizen.

Buat yang masih bingung, petunjuknya adalah bahwa "fruit" dalam istilah itu merujuk pada bahasa Inggris yang diterjemahkan sebagai "buah". Kini sudah paham dong maksud dari "Sefruit saran".

9. Tuman

Istilah ini sering muncul belakangan ini, disertai rangkaian meme yang biasanya berisikan skenario situasi sehari-hari dengan diakhiri gambar seseorang kena tampar.

Maknanya kira-kira "kebiasaan banget deh!". Ya, tidak jauh berbeda pula dengan arti "tuman" yang ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yakni "menjadi biasa (suka, gemar, dan sebagainya) sesudah merasai senangnya, enaknya, dan sebagainya".



10. Ashiaap

Satu lagi istilah yang sedang ngetren. Istilah ini pada dasarnya sih cuma merujuk pada kombinasi kata "ah" ditambah "siap" yang (sebenarnya) bisa diartikan "sudah siap sedia".

Akan tetapi, "Ashiaap" juga jadi sebuah istilah ajaib yang bukan cuma bisa dipergunakan menyatakan kesiapan. Istilah ini juga lazim dipakai untuk menanggpi pujian dan kelakar, bahkan sering pula merespons segala macam hal dalam percakapan sehari-hari!

Tahu istilah lain yang juga sedang ngehits jadi kelakar di medsos? Yuk bagikan pengetahuanmu itu dalam kolom komentar di bawah ini. (krs/fyk)