Senin, 18 Mar 2019 12:59 WIB

Instagram Jadi Medsos Favorit Gen Z, Kamu Bagaimana?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Instagram jadi medsos favorit pilihan Gen Z. (Foto: GettyImages) Instagram jadi medsos favorit pilihan Gen Z. (Foto: GettyImages)
Jakarta - Sebuah survei di sejumlah negara mengungkap bahwa Gen Z menjadikan Instagram sebagai media sosial favorit, dengan Facebook berada di posisi kedua.

Hal ini salah satunya berkaitan dengan rangkaian skandal yang dialami Facebook terkait privasi pengguna, termasuk Cambridge Analytica. Pengguna muda usia kini merasa lebih aman dan nyaman di Instagram.

Berdasarkan survei yang diinisiasi oleh Business Insider dan dilakukan oleh Streetbees, Gen Z atau anak muda berusia 18-25 tahun mengatakan bahwa Facebook bukan lagi platform media sosial pilihan utama mereka.




Survei ini melibatkan 1.235 responden di Inggris, Amerika Serikat, dan India yang 820 di antaranya berada di usia 18-25 tahun. Ketika ditanya apa platform medsos sosial favorit, 36% responden menjawab Instagram. Facebook berada di posisi kedua dengan 26%.

Alasan mereka meninggalkan Facebook pun bermacam-macam. Ada yang mengatakan mereka meninggalkan Facebook karena alasan isu privasi, tapi sebagian besar bisa disimpulkan meninggalkan Facebook karena sudah tidak lagi trendi.




Salah satu responden berusia 19 tahun mengatakan bahwa ia saat ini tidak sering menggunakan Facebook lagi karena teman-temannya lebih banyak menggunakan Instagram atau WhatsApp.

Sebelas pengguna mengatakan bahwa Facebook saat ini membosankan dan salah satu pengguna mengatakan bahwa mereka tidak bisa lagi bebas di Facebook karena penuh dengan anggota keluarga.

"Ini tidak lagi menarik, orang tua lebih banyak menggunakannya dan feed saya sering dipenuhi dengan postingan politik yang mengganggu," kata seorang responden berusia 25 tahun, dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (18/3/2019).




"Saya telah pindah ke Instagram sehingga saya bisa lebih fokus pada hidup dan makanan dan jalan-jalan," sambungnya.

Selain itu, ada juga yang menyebut bahwa tampilan aplikasi Facebook sudah ketinggalan zaman dan tidak ada lagi fitur baru yang menarik. Banyak juga yang mengeluhkan banyaknya iklan serta akun palsu yang bertebaran di Facebook.

Bukan tak mungkin kecenderungan statistik seperti ini yang ikut mendorong CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk mengintegrasikan ketiga aplikasi messaging yang dinaungi Facebook yakni Facebook Messenger, WhatsApp, dan Instagram.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed