Kamis, 14 Feb 2019 17:15 WIB

Mesin Akan Geser Manusia? Ini Pandangan Gen Z Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Jakarta - Revolusi industri 4.0 akan membawa perubahan, salah satunya kemungkinan mesin menggeser manusia dalam pekerjaan manual tertentu. Tapi mayoritas Gen Z Indonesia percaya manusia dan mesin bisa kerja bersama-sama.

Hal itu merupakan hasil survei Dell Technologies terhadap 723 pelajar sekolah menengah dan perguruan tinggi di Indonesia dengan rentang usia 16-23 tahun. Survei dilakukan pada pertengahan tahun lalu.

"Jadi menurut survei kita di Indonesia, responden yang percaya manusia dan mesin akan bekerja sama 56%. Yang percaya mesin akan terus menjadi tool 37%," jelas Managing Director Dell EMC Indonesia Catherine Lian di kantornya di Jakarta Pusat, Kamis (14/2/2019).




Berdasarkan hasil survei ini, hanya 7% dari responden yang memperkirakan mesin akan menggantikan manusia di dunia kerja di masa depan. Mayoritas Gen Z di Indonesia sendiri sudah bersiap untuk harus bekerja dan berinteraksi dengan mesin di masa depan. 54% dari mereka mengatakan bahwa melek teknologi itu penting karena mereka akan bekerja dengan robot di masa depan.

Menurut Lian, perubahan interaksi antara manusia dengan mesin di masa depan bergantung pada beberapa faktor. Di antaranya kesiapan dari negara untuk menghadapi perubahan yang akan datang di masa depan.




"Apakah manusia akan digantikan oleh mesin, atau hubungan manusia-mesin menjadi hubungan mesin-mesin, ini tergantung pada teknologi dan juga industri. Ini juga tergantung seberapa maju negara dalam menghadapi perubahan," tuturnya.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed