Minggu, 21 Okt 2018 18:08 WIB

Alibaba Janjikan 'Hari Jomblo' yang Lebih Seru

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Alibaba Group pekan ini resmi menggelar 11.11 Global Shopping Festival 2018 di China. Perusahaan yang didirikan Jack Ma itu menjanjikan acara yang juga disebut Single's Day atau Hari Jomblo tersebut di tahun ini akan menjadi yang terbesar dari segi skala dan jumlah partisipan.

Seluruh bisnis yang berada di ekosistem Alibaba akan bersama-sama menghadirkan pengalaman belanja bagi ratusan juta konsumen yang ingin mendapatkan produk berkualitas tinggi, hiburan, serta pelayanan yang cepat dan dapat diandalkan.



Festival ini juga akan mendemonstrasikan antusiasme konsumen dan merek dengan memanfaatkan strategi New Retail Alibaba yang menggabungkan ritel online dan offline melalui teknologi.

"Tahun ini kami memperingati hari jadi 11.11 yang ke-10. Di balik transformasi digital China yang sangat eksplosif, pertumbuhan luar biasa festival ini selama dekade terakhir telah mendukung pertumbuhan kualitas konsumsi yang stabil di mana hal ini diidamkan oleh konsumen kami," kata CEO Alibaba Group Daniel Zhang.

Disebutkan Zhang, evolusi ini juga menunjukkan perkembangan ekosistem Alibaba dari waktu ke waktu, yang telah berkembang melampaui sekadar e-commerce. Adalah Zhang yang mencetuskan konsep 11.11 pada satu dekade yang lalu.

Awalnya, 11.11 atau Single's Day merupakan hari perayaan untuk mereka yang belum memiliki pasangan atau masih single di China. Namun kemudian, ia mentransformasi tanggal tersebut menjadi ajang berbelanja terbesar di dunia.

Festival 11.11 pertama di 2009 meraup Gross Merchandise Value (GMV) sebesar USD 7,8 juta. Di tahun 2017, total GMV yang berhasil diraup sebesar USD 25,3 miliar.

Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah pengguna internet di China telah meningkat menjadi 802 juta dan 98% di antaranya mengakses internet melalui ponsel. Alibaba pun berhasil memenangkan hati konsumen China dan berharap dapat terus memimpin di bidang inovasi ritel.

"Dalam dua tahun terakhir, kami telah menginisiasi konsep New Retail guna mempercepat transformasi digital dari bisnis offline. Kami gembira dengan hasil yang telah kami capai hingga saat ini," kata Zhang.



"Kami akan terus menjadi kekuatan pendorong bagi para pedagang dan pelanggan dalam hal inovasi untuk beberapa dekade mendatang. Tujuan kami adalah menjadi mitra bisnis nomor satu untuk merek-merek dagang, serta destinasi utama konsumen untuk berbelanja," tambahnya.

Tahun ini, sebanyak 500 produk akan tersedia untuk pemesanan terlebih dahulu atau pre-order melalui Tmall dari tanggal 20 Oktober. Acara 11.11 Global Shopping Festival tahun ini akan secara khusus menampilkan beberapa fitur yang terwujud berkat adanya New Retail dan program interaktif lainnya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed