Senin, 17 Sep 2018 14:00 WIB

Begini Cara Kerja Prototipe Mesin Pencari Google di China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Bagaimana cara kerja prototipe mesin pencari Google di China? (Foto: GettyImages) Bagaimana cara kerja prototipe mesin pencari Google di China? (Foto: GettyImages)
Jakarta - Agar bisa beroperasi di China, Google membuat mesin pencari khusus yang bisa disensor oleh pemerintah. Begini cara kerja prototipe mesin pencari bernama Dragonfly tersebut.

Dragonfly didesain untuk bekerja di perangkat Android. Google membuatnya sedemikian rupa agar tak menampilkan konten yang tak mendapat restu dari pemerintah China. Konten yang dimaksud antara lain adalah yang terkait dengan demokrasi, kebebasan berpendapat dan protes.




Tak cuma itu, hasil pencarian pengguna melalui Dragonfly juga akan tersimpan dan terhubung dengan nomor telepon si pengguna. Artinya, orang-orang yang mencari informasi "terlarang" melalui Dragonfly bisa ditangkap oleh pemerintah China jika mereka mendapat akses informasi nomor telepon tersebut dari Google.

"Hal ini sangat problematik dari sudut pandang privasi, karena ini bisa dipakai untuk memantau dan membuat profil mengenai tingkah laku orang," ujar Cynthia Wong, peneliti di Human Rights Watch.




Menurut Wong, menghubungkan hasil pencarian dengan nomor telepon akan membuat orang semakin susah untuk menghindari pemantauan yang berlebihan dari pemerintah China, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Senin (17/9/2018).

Dragonfly sendiri sudah mengalami penolakan dari banyak karyawan Google. Sekitar 1000 orang memprotes kehadiran proyek ini, dan sebagian di antaranya malah sudah mengundurkan diri dari perusahaan.

"Kami sudah berinvestasi bertahun-tahun unutk membantu pengguna di China, dari mengembangkan Android, melalui aplikasi mobile seperti Google Translate dan Files Go, dan juga alat pengembang kami. Namun pekerjaan kami pada mesin pencari masih berada dalam tahap eksplorasi, dan kami belum akan meluncurkan mesin pencari di China," tulis Google dalam penyataan resminya.

(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed