BERITA TERBARU
Selasa, 10 Jul 2018 18:18 WIB

Blokir Tik Tok Dibuka Berkat Lobi-Lobi ke Kementerian

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pihak Tik Tok bertemu Menkominfo. Foto: Grandyos Zafna Pihak Tik Tok bertemu Menkominfo. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Dibukanya aplikasi Tik Tok tak lepas dari gerak cepat pembuatnya dari China yang langsung datang ke Indonesia. Sehari setelah Tik Tok diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Tik Tok diblokir sejak Selasa (3/7) siang, pihak Tik Tok langsung menyambangi gedung Kominfo.

Hadir SVP of Bytedance Zhen Liu, President Tik Tok Alex Zhu, SVP & CEO Tik Tok Nan Zhang, Head of Legal Tik Tok Yujie Chang, dan Head of Public Policy Tik Tok Jia He. Bytedance adalah induk perusahaan Tik Tok.

Mereka pun berkomitmen untuk memenuhi persyaratan yang dikemukakan Menkominfo Rudiantara agar aplikasinya dapat dibuka. Antara lain dengan memperketat penyaringan konten serta mendirikan kantor di Indonesia.



"Kami sudah punya kantor di Indonesia untuk aplikasi lain (BaBe). Untuk kantor Tik Tok, kami akan melakukannya lebih baik lagi," ucapnya SVP Corporate Strategy Bytendence Zhen Liu kala itu.

Untuk memaksimalkan pengawasan konten-konten negatif lagi muncul di dalam platform mereka, Tik Tok berencana menambah 200 pekerja lagi hingga akhir tahun ini.

Selain dengan Kominfo, Tik Tok juga melakukan lobi pada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA). Kemudian juga dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI.



"Selain kepada Kominfo, mereka juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian PPPA untuk membuat program literasi bagi pengguna anak-anak. Juga dengan KPAI mereka sudah beraudiensi," sebut Dirjen Aptika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan.

Persyaratan agar Tik Tok kembali dibuka dianggap sudah terpenuhi. Sehingga mulai siang hari ini, Kominfo memastikan bahwa pemblokiran Tik Tok telah mereka buka. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan

    'Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan'

    Senin, 20 Agu 2018 08:34 WIB
    Wawancara emosional Elon Musk dengan New York Times cukup mengejutkan. Analis pun menilai investor bisa saja menginginkan sang Iron Man mundur.
  • Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB
    Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.
  • photo Ini Hasil Jepretan Oppo F9 FotoINET

    Ini Hasil Jepretan Oppo F9

    Senin, 20 Agu 2018 07:00 WIB
    Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F9 adalah sektor kameranya. detikINET sempat menjajal kemampuan kamera ponsel ini, berikut hasilnya!
  • Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Minggu, 19 Agu 2018 21:44 WIB
    Seorang remaja asal Melbourne, Australia menghadapi tuntutan hukum setelah mengakses jaringan backend milik Apple selama beberapa kali dan mencuri data.
  • Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Minggu, 19 Agu 2018 21:13 WIB
    Martin Tripp, seorang mantan karyawan Tesla, memposting sejumlah foto yang ia klaim diambilnya dari dalam pabrik Tesla yang berada di Nevada, Amerika Serikat.