Rabu, 27 Jun 2018 13:43 WIB

Teknologi Pengenal Wajah Microsoft Bisa Deteksi Warna Kulit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Teknologi pengenalan wajah memang bukan hal baru, penggunaannya pun sudah luas. Namun masih ada dua masalah utama pada teknologi ini, yaitu mengenali warna kulit gelap dan membedakan pria dan wanita.

Dua masalah inilah yang tengah dicoba untuk diperbaiki oleh Microsoft, karena menurut mereka, teknologi pengenalan wajah yang ada saat ini hanya akurat jika digunakan di pria dengan kulit cerah, dan paling tidak akurat saat mengenali wanita dengan kulit gelap.


Sementara pada teknologi pengenalan wajah anyar milik Microsoft, akurasinya jauh lebih baik. Pada software yang tengah diuji oleh Microsoft tersebut, tingkat kesalahan ketika mengenali wanita berkurang sembilan kali lipat.

Hal ini bisa terjadi karena tim Face API Microsoft membuat sejumlah perubahan besar pada sistem pengenalan wajahnya. Salah satunya adalah meningkatkan pengumpulan data yang berfokus pada warna kulit, jenis kelamin dan umur, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (27/6/2018).

Namun menurut Microsoft, software bikinannya ini membutuhkan data lebih banyak tentang warna kulit yang berbeda, model rambut, serta aksesoris yang dipakai seperti perhiasan ataupun kacamata. (asj/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed