BERITA TERBARU
Selasa, 12 Jun 2018 19:59 WIB

Keren! AI Bisa Ubah Foto Jadi Anime

Josina - detikInet
Foto: Nextshark Foto: Nextshark
Jakarta - Seorang sarjana dari Universitas Fudan China bernama Yanghua Jin memamerkan kemampuan perangkat lunak kecerdasan buatan (AI) yang dapat mengubah foto manusia menjadi gambar anime dengan menggunakan Generative Adversarial Networks (GAN) sebuah algoritma kecerdasan buatan yang biasa dikembangkan untuk facial recognition dan metode Deep Learning

Dalam gelaran diskusi Workop 'Deep Learning' di Tokyo, Jepang. Ia menjelaskan bagaimana caranya bekerja, semua berkat menggunakan dua jaringan GAN yaitu generator dan diskriminator.

Keren! Dengan Kemampuan AI Bisa Ubah Foto Jadi AnimeFoto: Nextshark


Pada jaringan generator akan bertanggungjawab pada pembuatan gambar anime dari foto dengan menggunakan atribut yang diambil dari gambar anime. Generator mempelajari sejumlah atribut gambar, seperti warna rambut dan mata, lalu apakah rambut panjang atau pendek, serta apakah mulut dibuka atau ditutup.

Ia juga dapat mengenali noise seperti bentuk mata ke seluruh wajah atau gaya foto. Setelah itu ia akan menghasilkan versi anime dari foto.

Selanjutnya, jaringan diskriminator akan membandingkan gambar yang dihasilkan generator terhadap perpustakaan gambarnya untuk menentukan apakah foto tersebut sintetis atau asli.

Keren! Dengan Kemampuan AI Bisa Ubah Foto Jadi AnimeFoto: Nextshark

Selama proses pembuatan programnya ia menunjukkan perkembangan terhadap kedua jaringan tersebut. Generator menjadi lebih baik dalam menghasilkan gambar sedangkan diskriminator secara bertahap menjadi lebih baik dalam menilai apakah gambar berhasil atau tidak.

Dikutip detikINET dari Nextshark, Selasa (12/6/2018) ada beberapa tantangan di CycleGAN merupakan suatu bentuk perangkat lunak GAN yang sering berhasil menerapkan tekstur yang berbeda ke gambar atau rekaman.

Keren! Dengan Kemampuan AI Bisa Ubah Foto Jadi AnimeFoto: Nextshark

Jin menjelaskan bahwa perangkat lunak memiliki masalah ketika datang untuk memproduksi anime moe terutama karena memiliki mata yang lebih besar dan mulut dan hidung yang lebih kecil.

Melalui penggunaannya, perangkat lunak menjadi lebih dan lebih berhasil ketika menghasilkan gambar setelah belajar dari kesalahannya (jsn/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed