Minggu, 03 Jun 2018 16:20 WIB

Yuk, Intip Cara Kerja Algoritma Instagram

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Carl Court/Getty Images
Jakarta - Instagram menanggalkan urutan kronologis untuk feednya dan memilih menggunakan algoritma pada tahun 2016. Keputusan ini memicu kontroversi, namun pengguna Instagram justru mampu melihat 90% postingan temannya, naik dari 50% sebelum algoritma diperkenalkan, dan menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram.

Tetapi, Instagram tidak pernah menjelaskan bagaimana algoritmanya bekerja dalam menyusun feed penggunanya. Baru-baru ini Instagram menjelaskan cara kerja algoritmanya di depan wartawan.

Seperti dikutip detikINET dari TechCrunch, ada tiga faktor yang mempengaruhi apa yang pengguna lihat di feed Instagramnya:

1. Interest: Instagram akan memperkirakan seberapa peduli pengguna terhadap sebuah post, dilihat dari respons pengguna terhadap konten serupa sebelumnya.
2. Recency: Seberapa baru post tersebut dibagikan, dengan post yang paling baru akan diprioritaskan.
3. Relationship: Seberapa dekat pengguna dengan akun yang membagikan sebuah post, dengan akun yang sering berinteraksi dengan pengguna mendapat ranking lebih tinggi.

Selain tiga faktor utama tersebut, ada juga tiga faktor tambahan:

1. Frequency: Seberapa sering pengguna membuka Instagram, maka post terbaik akan diperlihatkan sejak pengguna terakhir membuka Instagram.
2. Following: Jika pengguna mengikuti banyak akun maka pengguna akan melihat lebih sedikit post dari akun spesifik di feednya.
3. Usage: Lebih banyak waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram maka lebih banyak post yang ia lihat, yang berarti Instagram akan menunjukkan post yang lebih lama.


Selain itu, Instagram juga menjelaskan beberapa pertanyaan dan mitos yang banyak beredar. Salah satu poin yang penting adalah Instagram saat ini tidak mempertimbangkan opsi untuk pengguna memilih menggunakan urutan kronologis. Karena Instagram merasa adanya opsi tersebut hanya membuat pengguna bingung akan pengaturan feednya.

Instagram juga tidak menyembunyikan post di feed pengguna. Pengguna akan bisa melihat semua post dari semua akun yang mereka ikuti jika pengguna terus menggulir ke bawah. (asj/asj)