Minggu, 13 Mei 2018 14:43 WIB

Elon Musk Pamer Jalur Transportasi Super Cepat Hyperloop

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Elon Musk memamerkan Hyperloop yang hampir rampung Foto: Elon Musk memamerkan Hyperloop yang hampir rampung
Jakarta - Rencana Elon Musk melawan macet jalanan Los Angeles, Amerika Serikat, satu per satu mulai terwujud. Hal ini terlihat dari penyelesaian jalur untuk transportasi super cepat Hyperloop.

Sebagai pendiri Boring Company, dia mengumumkan jalur untuk Hyperloop Los Angeles sudah hampir rampung. Dia memamerkan progres proyeknya tersebut melalui akun Instagram pribadinya @elonmusk.



Seperti dikunjungi detikINET, Minggu (13/5/2018), Elon memposting video yang memperlihatkan sebuah terowongan untuk jalur kereta api cepat. Dia juga menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang bekerja dalam proyek ini.



Jalur ini akan menjadi komponen utama sistem transportasi Hyperloop. Teknologi transportasi ngebut ini akan melipat jarak dan memungkinkan penggunanya berpergian lebih cepat.

Hyperloop di Indonesia

Moda transportasi Hyperloop berbentuk kapsul-kapsul pengangkut yang melaju dalam tabung yang punya fungsi seperti rel kereta api. Wacana Hyperloop pun sempat dibahas di Indonesia.

Bila kelak benar-benar hadir, Hyperloop kemungkinan bisa mengusik eksistensi moda transportasi yang ada saat ini. Spekulasi itu tak dipungkiri bos Hyperloop Indonesia Dwi Putranto Sulaksono pada 2017 lalu.



Kecepatannya memang tak main-main. Dwi mencontohkan, Senayan-Bekasi diklaim bisa ditempuh dalam 9 menit. Sementara Jakarta-Surabaya cuma butuh waktu 56 menit.

Dengan kecepatan ini, moda transportasi yang paling kena dampaknya bisa jadi adalah maskapai penerbangan.

Meski demikian, Hyperloop juga menyimpan peluang baru yang bisa digarap maskapai. Salah satu yang diungkap Dwi adalah dengan menjadi operator kapsul-kapsul yang meluncur di tabung hyperloop.

Tahun lalu, Dwi mengatakan bahwa Hyperloop segera hadir di Indonesia dengan merencanakan tiga rute di sekitaran Jakarta yakni Kabupaten Tangerang - Kota Tangerang, Bandara Soekarno-Hatta - Kota Tangerang, dan Bandara Soekarno-Hatta - Bandara Halim Perdanakusuma.

Selanjutnya, rute lainnya akan menyusul yaitu jalur Hyperloop yang menghubungkan Jakarta sampai Surabaya, kemudian Sumatera yang tersambung hingga Banda Aceh.

"Setelah Jakarta, Hyperloop akan menghubungkan pulau Jawa yang akan menjadikan bandara sebagai stasiun-stasiunnya sampai Surabaya. Kemudian Sumatera sampai Banda Aceh," ujarnya saat itu. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed