BERITA TERBARU
Rabu, 04 Okt 2017 19:17 WIB

Penembakan Las Vegas Picu Hari Terkelam di Twitter

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Twitter. Foto: GettyImages Twitter. Foto: GettyImages
Jakarta - Penembakan masal yang merenggut 59 korban jiwa dan 500 orang luka-luka di Las Vegas, Amerika Serikat, awal pekan ini memberikan Twitter suasana paling menyedihkan sepanjang platform tersebut berdiri.

Hedonometer, alat untuk mengukur tingkat kebahagiaan dari jutaan pengguna Twitter berdasarkan kicauannya, menunjukkan angka 5,77 ketika berita terkait insiden tersebut beredar. Sebelumnya, rekor terendah yang dicatat oleh Hedonometer adalah 5,84 ketika 49 orang tewas ditembak dalam sebuah klub malam di Orlando, Amerika Serikat, tahun lalu.

Lalu peringkat ketiga ditempati oleh kepastian Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat mengalahkan Hillary Clinton pada 9 November tahun lalu. Tingkat kesenangan yang dicatat Hedonometer hanya 5,87. Sedang rekor tertinggi tercatat di hari Natal 2008, yang mencapai nilai 6,36.

Hedonometer, yang telah digunakan sejak 2008, diciptakan oleh Peter Dodds dan Chris Danforth, ahli matematika dan komputer dari University of Vermont. Alat ini mengukur mood netizen melalui sebuah sistem yang menilai setiap kata dalam skala 1 sampai 9 berdasarkan emosi mereka.

Sebagai contoh, kalimat "Saya merasa sangat amat sedih" mendapat nilai 1. Sedangkan kalimat "Saya merasa sangat amat senang" mendapat nilai 9, seperti dikutip detikINET dari CNET.

Setiap hari, sekitar 10 juta tweet dari penjuru dunia dikumpulkan untuk dianalisis kata-kata yang mengandung bentuk emosi, seperti senang, sedih, dan netral. "Wartawan, akademisi, polisi, siapapun, dapat mengunjungi website tersebut dan melihat respon masyarakat dunia terhadap kejadian besar," ujar Chris Danforth. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • photo Meme Masuk Kerja Setelah Lebaran FotoINET

    Meme Masuk Kerja Setelah Lebaran

    Selasa, 19 Jun 2018 18:57 WIB
    Libur lebaran sebentar lagi usai, tapi kok kayaknya belum rela ya kalau besok sudah harus masuk kerja, seperti digambarkan deretan meme berikut ini.
  • Beda Wajah, Netizen Kritik Resident Evil 2

    Beda Wajah, Netizen Kritik Resident Evil 2

    Selasa, 19 Jun 2018 18:16 WIB
    Tak sedikit gamer yang memuji kehadiran Resident Evil 2 Remake karena sekarang tampil seram. Tapi, tak jarang juga yang mengkritik tampilan karakter yang baru.
  • Pembesut PUBG Tak Masalah Banyak Game Tiruan

    Pembesut PUBG Tak Masalah Banyak Game Tiruan

    Selasa, 19 Jun 2018 16:27 WIB
    Genre game battle royale perlahan tumbuh pesat dan digemari gamer penjuru dunia. PUBG selaku pencetus tak masalah jika banyak game battle royale yang beredar.
  • Google Cabut Integrasi Uber di Google Maps

    Google Cabut Integrasi Uber di Google Maps

    Selasa, 19 Jun 2018 15:03 WIB
    Di awal tahun 2017 lalu Google sempat menghadirkan integrasi terhadap layanan ride sharing Uber. Google pun kini telah mencabut integrasi layanan tersebut.
  • Microsoft Beri Penyegaran Antarmuka Office

    Microsoft Beri Penyegaran Antarmuka Office

    Selasa, 19 Jun 2018 11:35 WIB
    Microsoft baru saja mengumumkan desain antarmuka baru untuk aplikasi Office miliknya. Tampilan baru ini berlaku untuk Word, Excel, dan PowerPoint.