BERITA TERBARU
Kamis, 03 Agu 2017 11:45 WIB

Dikira Orang Indonesia, Netizen Malaysia Ini Kecewa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Facebook. Foto: GettyImages Facebook. Foto: GettyImages
Jakarta - Memang agak menyesakkan jika bangsa sendiri menganggap kita orang asing. Seperti seorang pemuda Malaysia ini yang prihatin karena dikira orang Indonesia. Ia menceritakan pengalamannya di Facebook yang mendapat perhatian cukup luas dari netizen di negara tetangga itu.

Ceritanya, seperti dikutip detikINET dari Nextshark, Kamis (3/8/2017), pemuda yang bernama Jufazli Shi Ahmad itu berkunjung ke Kuala Lumpur. Ia sendiri berasal dari Sandakan, Sabah, di ujung atas Pulau Kalimantan. Wilayah Malaysia memang dipisahkan lautan.

Di Kuala Lumpur, ia memutuskan potong rambut dan ditanya dari mana. Jufazli pun menjawab dari Sandakan, Sabah. Nah, ternyata si tukang cukur menganggap Sandakan itu bagian dari Indonesia.

"Oh, Indonesia," katanya. Jufazli langsung merasa prihatin karena ada saudara senegaranya tidak tahu bahwa Sandakan itu wilayah Malaysia.

"Dalam hati ku beristighfar terus dan sambil memaki saja dalam hati ku sebab ndak sangka ada orang Malaysia abad ke-21 ndak tau Sandakan, Sabah tu di mana," tulisnya dalam bahasa Melayu di Facebook.

Jufazli pun diajak berbicara dengan bahasa Inggris oleh sang pencukur karena disangka orang asing. Tapi dia memutuskan tetap melayani perbincangan itu meski sebenarnya kecewa.

"Kepada saudaraku di Semenanjung Malaysia, Ndak guna bro kalau kau pandai cakap Bahasa Inggeris tapi kau ndak tau Sandakan, Sabah tu adalah salah satu tempat dalam Malaysia. Bukan Indonesia bro "Sandakan dan Sabah" tu," tulisnya lagi.

Dia pun berharap agar kekeliruan yang sama tak terjadi lagi. Postingan itu ramai di Facebook dan sudah dibanjiri lebih dari 3.300 komentar serta dibagikan sekitar 6.800 kali. Tentu banyak saudara sebangsa Jufazli yang mendukungnya. (fyk/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed