Minggu, 30 Apr 2017 17:17 WIB

Miss Internet Indonesia 2017 Jadi Duta Anti Hoax

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: dok. APJII Foto: dok. APJII
Nusa Dua - Miss Internet Indonesia 2017 akan mengemban tugas penting, yakni mengedukasi masyarakat untuk menjelaskan manfaat internet di tengah maraknya hoax.

Menurut Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, Marsya Gusman akan menjadi duta pertama Indonesia untuk mengemban tugas itu.

Marsya yang baru saja terpilih sebagai Miss Internet Indonesia 2017, akan ditugaskan untuk mengedukasi masyarakat, supaya dapat menggunakan teknologi tersebut dengan lebih cerdas, produktif dan kreatif.

"Sekarang Indonesia sedang bertransformasi ke dunia digital. Ada tiga komponen yang perlu di perhatikan dalam transformasi ini, yakni komponen masyarakat, bisnis dan pemerintah. Program seperti ini penting untuk komponen masyarakat," ungkap Semuel di Nusa Dua, Bali, Minggu (30/4/2017).

Semuel lebih lanjut menegaskan, Miss Internet juga di harapkan membantu program pemerintah melawan hoax, dan mengkampanyekan internet sehat.

"Kalau kita berpikir menggunakan internet secara positif, kreatif dan cerdas, pasti nggak berfikir negatif lagi. Kita sedang bertransformasi, kalau kita mikir yang negatif, begitu kita sadar kalau ternyata internet banyak sekali manfaatnya, ternyata kita sudah ketinggalan jauh, jadi tidak bisa merasakan lagi manfaat positifnya baik untuk bisnis maupun hal lain," kata Sammy, sapaan akrabnya.

Selain menjadi Duta Anti Hoax, pemenang Miss Internet Indonesia 2017 akan diusung untuk bertarung di ajang internasional yang diselenggarakan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rencana ini disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza. Menurutnya, kontes kecantikan ini sudah masuk sebagai salah satu dari 18 inisiatif unggulan dari komunitas TIK dalam nominasi tahunan anugerah World Summit on the Information Society (WSIS Prizes) yang diselenggarakan PBB sejak 2012. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed