Rabu, 19 Apr 2017 07:17 WIB

Pilgub DKI Putaran Kedua

Mau #NyoblosTanpaRusuh? Cek Online Dulu, Pastikan Sudah Terdaftar

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Jakarta - Bagi warga DKI Jakarta yang akan ke TPS hari ini, Rabu (19//2017), mungkin masih ada yang ragu-ragu, sudah terdaftar atau belum di DPT (daftar pemilih tetap) untuk ikut Pemilihan Gubernur (Pilgub) putaran kedua.

Tenang, tak perlu risau. Sebab kita bisa mengeceknya secara online melalui situs KPU. Begini caranya:


Begini caranya:

- Kunjungi website KPU di tautan https://pilkada2017.kpu.go.id

Anda Sudah Terdaftar di DPT? Cek Saja Via Online


- Pilih menu 'Pemilih' di kanan atas (urutan kelima dari pojok kanan halaman)

Anda Sudah Terdaftar di DPT? Cek Saja Via Online


- Kemudian pilih 'Data Pemilih Tetap Putaran 2'

- Masukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada kolom pencarian, kemudian tekan 'Enter'

Anda Sudah Terdaftar di DPT? Cek Saja Via Online


- Jika sudah terdaftar, nama Anda beserta tempat tinggal dan TPS tempat mencoblos akan tertera di halaman tersebut.

Catatan

Jika telah terdaftar di DPT, pastikan 3 hari sebelum hari pencoblosan, Anda telah mendapat form C-6 KWK (surat pemberitahuan). Di hari pencoblosan, Anda mendatangi TPS sesuai dengan jadwal yang telah tertera di form C-6, pada pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

Apabila tidak mendapat form C-6 tetapi terdaftar dalam DPT, Anda tetap dapat menggunakan hak pilih dengan menunjukkan KTP elektronik (e-KTP) atau paspor atau identitas lain yang berlaku.

Untuk Pemilih yang Belum Terdaftar di DPT

Jika sudah mengecek secara online dan offline soal status DPT namun tidak ada nama Anda, tak perlu khawatir. Hak Anda sebagai pemilih dikategorikan sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Syarat agar bisa tetap memilih, Anda perlu membawa e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Dukcapil dan kartu keluarga (KK) asli.

Nantinya, petugas KPPS akan mengecek apakah Anda memang belum terdaftar di DPT. Petugas juga akan memastikan e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Dukcapil sesuai dengan alamat TPS di tingkat RT/RW.

Jika semua sudah terverifikasi sebagai pemilih tambahan, Anda baru dapat menggunakan hak suara pada pukul 12.00-13.00 waktu setempat. Apabila surat suara sudah habis di TPS tersebut, Anda akan diarahkan untuk mencoblos di TPS terdekat dalam kelurahan yang sama.

Selamat menggunakan hak pilih Anda!

(rns/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed