Sabtu, 06 Feb 2016 13:24 WIB

Twitter Hapus 125 Ribu Akun ISIS

afr - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Sejak terjadinya aksi teror di Paris, upaya untuk menghentikan aktivitas ISIS di dunia maya terus meningkat. Tak terkecuali Twitter, mereka mengaku telah menghapus atusan ribu akun terkait gerakan radikal tersebut.

Dalam pengumuman resminya, Twitter telah menghapus sebanyak 125 ribu akun selama enam bulan terakhir. Akun-akun tersebut telah menyebarkan ancaman dan mengajak untuk mendukung gerakan ISIS.

"Seperti kebanyakan orang di seluruh dunia, kami takut dengan kekejaman yang dilakukan kelompok ekstemis. Kami mengutuk penggunaan Twitter untuk mempromosikan terorisme. Aturan Twitter cukup jelas bahwa segala bentuk prilaku ancaman kekerasa tidak diizinkan di layanan kami," tulis Twitter dalam blog resminya seperti dikutip dari CBSNews, Sabtu (6/2/2016).

Twitter juga mengatakan pihaknya telah memperbesar jumlah tim yang secara aktif mencari akun terkait ISIS dengan menerapkan alogaritma anti-spam. Mereka pun menegaskan tidak ada 'alogaritma ajaib' untuk mengindetifikasi konten teroris.

Seperti diketahui, media sosial kerap digunakan oleh kelompok teroris untuk menyebarkan propaganda dan merekrut lebih banyak anggota. Laporan Brookings tahun lalu menyebutkan keberadaan ISIS di media sosial cukup banyak.

Di Twitter misalanya, mereka menemukan 90 ribu lebih akun terkait ISIS. Dan satu dari lima pendukung ISIS menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Saat ini seluruh media sosial tengah berusaha membedung aktivitas ISIS. Segala upaya telah dilakukan agar konten yang terkait terorisme tidak dapat menyebar luas. Salah satunya seperti dilakukan oleh Twitter, yakni menutup akun-akun terkait ISIS. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Apple Akui Keyboard MacBook Cacat

    Apple Akui Keyboard MacBook Cacat

    Senin, 25 Jun 2018 21:23 WIB
    Apple akhirnya mengakui ada cacat keyboard pada sembilan tipe MacBook yang dirilisnya sejak 2015 hingga 2017. Model apa saja yang akan diganti Apple?
  • Strategi NASA Lindungi Bumi dari Asteroid

    Strategi NASA Lindungi Bumi dari Asteroid

    Senin, 25 Jun 2018 20:10 WIB
    Potensi bahaya asteroid, ditambah cukup maraknya jatuhnya meteor akhir-akhir ini, membuat NASA menyiapkan strategi untuk menghadang objek antariksa tersebut.
  • Fotostop: Kemenangan Ramadan Kuis

    Fotostop: Kemenangan Ramadan

    Senin, 25 Jun 2018 19:00 WIB
    Ramadan tiba! Bulan yang dinantikan dan dirindukan umat muslim ini tentu saja disambut suka cita. Ayo meriahkan dengan mengabadikannya lewat bidikan kamera.