Ketika Drone Disemprot & Kena Sabet

Ketika Drone Disemprot & Kena Sabet

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 07 Jun 2015 11:11 WIB
Jakarta - Penggunaan drone terus meluas. Beberapa kalangan menggunakan perangkat ini untuk membuat video amatir. Di satu sisi, alat ini mungkin bisa membantu untuk pengawasan. Tapi di sisi lain, ada juga yang merasa terganggu.

Seperti yang dilakukan John Thomson di Orange County, New York, AS, ia kerap menggunakan drone untuk mendokumentasikan aksi pemadam kebakaran saat beraksi di wilayahnya.



Meski aktivitas tersebut sudah dilakukan John selama setahun ini. Namun aksinya tidak selalu disambut positif. Belum lama ini, drone miliknya sempat disemprot air oleh seorang pemadam saat tengah bertugas mengatasi kebakaran di sebuah rumah di kawasan Colden Hill Road, Coldenham.

Entah apa alasan sang pemadam menyemprot drone tersebut. Tapi bila melihat video dokumentasinya, posisi drone tersebut berada tidak begitu dekat dengan rumah yang terbakar. Sehingga tidak begitu menghalangi aktivitas para pemadam. Tapi mungkin, sang pemadam merasa terusik dengan kehadiran drone milik John.

Akibat semprotan tersebut, drone seharga USD 2,200 rusak. Meski marasa marah akibat ulah sang pemadam. John tetap menghargai kerja keras para pemadam.



"Kerja bagus teman-teman, drone milikku rusak. Tapi terima kasih atas kerja keras kalian melayani warga," tulis John di laman Facebook miliknya seperti detikINET kutip dari Statter991, Minggu (7/6/2015).

Sementara itu di tempat lain, kejadian serupa juga dialami pemilik akun YouTube, Lucky7Drones. Saat tengah mencoba menerbangkan DJI Phantom 3, tiba-tiba seoarang pria yang tengah marah menyabetkan kaosnya ke drone tersebut.



Seketika drone seharga USD 1,350 ini tengah terbang rendah terjatuh ke jalanan. Akibat kejadian tersebut, kamera drone miliknya rusak berat.



"Kami ingin setiap orang melihat ini (video kejadian) dan menyadari bahwa kekerasan dan vandalisme tidak dibenarkan untuk menyikapi isu drone," ujar Lucky7Drones seperti dikutip dari Peta Pixel.

"Kerusakan drone ini sangat merugikan kami," pungkasnya.





(rou/rou)