Gamatechno, dari Jogja untuk Smart City

ADVERTISEMENT

Gamatechno, dari Jogja untuk Smart City

- detikInet
Sabtu, 10 Mei 2014 12:08 WIB
Peluncuran gtSmartCity Solution (Gamatechno)
Jakarta - Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan zaman, konsep smart city atau kota pintar kian populer digaungkan. Sejumlah instansi baik pemerintahan dan swasta pun tergerak mewujudkannya, salah satunya Gamatechno.

Bergerak di bidang penyediaan solusi teknologi informasi, perusahaan yang berkantor pusat di Yogyakarta ini meluncurkan inovasi baru berupa konsep gtSmartCity Solution.

Konsep smart city pada umumnya adalah suatu konsep bagaimana situasi kota bisa diketahui oleh pengelolanya, warganya, atau calon pendatang, sehingga ketika ada ketidakberesan di suatu kota, pemangku kepentingan bisa segera mengambil keputusan segera.

gtSmartCity Solution sendiri pada intinya adalah implementasi sistem dan teknologi informasi yang berfokus pada empat sektor yakni pendidikan, layanan pemerintah, industri transportasi dan logistik, serta industri lifestyle.

"Konsep smart city, diharapkan akan terwujud sebuah kota pintar yang memberikan kenyamanan bagi masyarakatnya dengan ciri less paper, less time, less cash dan less complexity," demikian dikatakan Gamatechno dalam keterangannya, Sabtu (10/5/2014).

Di segmen perguruan tinggi misalnya, Gamatechno punya solusi gtCampus Suite. Ini adalah sistem informasi terintegrasi untuk perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai software modular yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi.

Untuk lembaga pemerintahan, ada yang namanya gtPerizinan (sistem informasi perijinan satu atap/pintu), gtAspirasi (sistem informasi aspirasi masyarakat), serta aplikasi gtGroupware (sistem kolaborasi dan arsip perkantoran).

Segmen transportasi dan logistik juga tak luput dari sasaran Gamatechno. Perusahaan yang didirikan 9 tahun silam ini mengembangkan beberapa produk unggulannya yang diperuntukkan untuk membantu layanan transportasi dan logistik seperti gtFleet (aplikasi manajemen armada transportasi), gtSmartTicket System (sistem tiket elektronik berbasis smartcard), serta aplikasi mTransport (aplikasi mobile untuk informasi dan layanan transportasi publik).

Tak ketinggalan, segmen lifestyle. Gamatechno menyediakan aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, micro finance, dan industri kesehatan.

Berbagai kemudahan integrasi sistem dalam konsep gtSmartCity Solution, didemokan secara langsung oleh Direktur Utama Gamatechno, Muhammad Aditya pada saat acara launching.

Solusi ini menggabungkan penggunaan aplikasi mobile City dengan perangkat smartcity access berupa wristband untuk melakukan pencarian informasi dan proses transaksi di bandara, layanan transportasi publik, aktivitas belanja dan sarana hiburan.

Melalui Launching gtSmartCity Solution tersebut, Gamatechno juga berharap dapat meningkatkan kerjasama dengan para mitra untuk bersama-sama mewujudkan kota cerdas di Indonesia terutama pada sektor pendidikan, layanan pemerintahan, transportasi serta industri gaya hidup guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT