Google Mulai Sisipkan Iklan Langsung di Inbox Gmail

Google Mulai Sisipkan Iklan Langsung di Inbox Gmail

- detikInet
Kamis, 25 Jul 2013 09:01 WIB
Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Mencoba cara baru mengkomersilkan layanan email gratisannya, raksasa internet Google mulai menaruh iklan langsung di inbox Gmail. Iklan ini akan dimasukkan Google dalam kategori 'promotions'.

Seperti dilansir Cnet, Kamis (25/7/2013), sebelumnya selama bertahun-tahun Google menampilkan iklan di samping Gmail. Kini, iklan tersebut muncul sebagai pesan masuk yang bisa dibuka seperti email dan di-forward atau diteruskan ke orang lain.

Menurut laporan sejumlah pengguna, iklan ini hanya muncul di tab 'promotions' pada multitab interface terbaru Gmail. Untuk membedakannya dengan pesan lain, iklan ini juga ditandai dengan background warna kuning pucat dengan label 'ad'.

"Iklan ini adalah bagian dari Promotions tab di inbox terbaru Gmail. Jika Anda menonaktifkan Promotions tab atau lebih suka gaya inbox lain, Anda akan melihat versi lama iklan yang tampil di sepanjang bagian atas inbox," demikian pernyataan Google.

Google juga mengatakan, iklan versi baru lebih relevan dibandingkan sebelumnya. Iklan yang baru menggantikan iklan gaya lama yang biasanya muncul di atas inbox. Sebagian orang mungkin akan terganggu dengan cara ini. Apalagi, pengguna tidak bisa menandai iklan tersebut sebagai spam.

(rns/ash)