Apple Mulai Pesan Panel OLED untuk iPad Pro

Apple Mulai Pesan Panel OLED untuk iPad Pro

ADVERTISEMENT

Apple Mulai Pesan Panel OLED untuk iPad Pro

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 24 Jan 2023 11:15 WIB
A demonstration of the newly released Apple products is seen following the product launch event at the Steve Jobs Theater in Cupertino, California, U.S. September 12, 2018. REUTERS/Stephen Lam
Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta -

Apple disebut sudah memesan panel OLED yang bakal dipakai di iPad Pro dan MacBook Pro generasi selanjutnya.

Dilansir GSM Arena, Minggu (22/1/2023), iPad Pro dengan panel OLED itu akan tersedia dalam ukuran layar 11 inch dan 12,9 inch, keduanya diperkirakan hadir pada 2024, sementara MacBook Pro dengan panel OLED baru akan dirilis pada 2026 mendatang.

Sumber yang sama menyebutkan juga kalau Apple tengah mempertimbangkan untuk memesan panel layar yang bisa dilipat. Namun hingga saat ini belum ada keputusan untuk kelanjutan rencana itu.

Panel OLED yang bakal dipakai untuk jajaran iPad Pro dan MacBook tersebut saat ini masih dikembangkan dan masih diproduksi secara terbatas. Produksi massal panel yang nantinya benar-benar dipakai produk komersial masih membutuhkan waktu lama.

Sampai saat ini, Apple masih menggunakan panel LCD untuk iPad Pro 11 dan iPad Pro 12,9 inch, meski pabrikan tablet Android dan bahkan laptop sudah mulai beralih ke panel OLED.

Keputusan Apple untuk beralih ke panel OLED ini mungkin karena banyak pabrikan panel OLED yang sudah menurunkan harga panelnya, karena sebelumnya harga panel ini memang terbilang tinggi dibanding panel jenis lainnya.

Pemasok layar OLED untuk iPad Pro dan MacBook Pro ini diperkirakan adalah Samsung Display dan LG Display. Keduanya bisa dibilang punya hubungan kuat dengan Apple, karena keduanya juga merupakan pemasok panel OLED untuk iPhone

Setelah panel OLED, sebelumnya juga diberitakan kalau Apple akan menggunakan panel microLED untuk iPhone dan iPad di masa yang akan datang. Menurut laporan jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, Apple sudah mengembangkan teknologi display microLED selama enam tahun.

Proyek dengan kode T159 ini dimulai pada tahun 2017 dengan tujuan untuk menggantikan display yang disediakan mitra Apple seperti Samsung dan LG.

Ini akan menjadi display pertama yang dirancang sendiri oleh Apple, mengikuti chip Apple Silicon yang merupakan rancangan mereka sendiri. Gurman sebelumnya melaporkan display microLED ini akan debut di Apple Watch Ultra generasi baru pada tahun 2024.

Display microLED menggunakan dioda pemancar cahaya (LED) yang ukurannya sangat kecil untuk backlight yang digunakan layar. Ukuran LED-nya jauh lebih kecil ketimbang teknologi mini- LED yang digunakan iPad Pro 12,9 inch.

Display seperti ini lebih sulit untuk dibuat, tapi bisa menawarkan warna yang lebih akurat, warna hitam yang lebih gelap, dan kontras yang lebih baik. Teknologi microLED juga tidak mengakibatkan burn-in pada layar yang biasa ditemukan di panel LCD atau OLED.



Simak Video "Menanti Kehadiran iPad Pro dan MackBook Pro dalam Waktu Dekat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT