Inikah Sensor Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra?

Inikah Sensor Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra?

ADVERTISEMENT

Inikah Sensor Kamera 200 MP Samsung Galaxy S23 Ultra?

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 17 Jan 2023 22:10 WIB
Samsung Isocell HP2
Foto: Dok. Samsung
Jakarta -

Samsung merilis sebuah sensor kamera baru yang bernama Isocell HP2 yang punya resolusi 200MP. Bakal dipakai di Galaxy S23 Ultra?

Rumor pemakaian Isocell HP2 di Galaxy S23 Ultra ini muncul karena spesifikasi sensor baru itu sama persis dengan rumor kamera Galaxy S23 Ultra yang sebelumnya sudah beredar.

Misalnya ukuran sensornya yang 1/1,3 inch dan ukuran pixel 0,6 micrometer. Lalu waktu peluncuran sensor baru ini yang hanya beberapa minggu sebelum peluncuran Galaxy S23 Ultra yang kabarnya akan dilakukan pada 9 Februari, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (17/1/2023).

Apa memang menariknya dari sensor baru 200MP ini selain resolusinya yang besar? Samsung memang sudah merilis sensor 200MP sejak bertahun-tahun lalu, namun sampai saat ini mereka belum pernah menggunakan sensor tersebut di HP flagship buatannya.

Misalnya saja Galaxy S22 Ultra keluaran 2022 lalu yang "hanya" memakai sensor 108MP di kamera utamanya. Keunggulan sensor dengan resolusi besar ini jelas bukan pada resolusinya.

Melainkan pada fitur pixel binning-nya, yaitu menggabungkan sejumlah pixel menjadi satu. Misalnya di Isocell HP2, empat pixel bisa digabung menjadi sebuah pixel berukuran 1,2 mikron dengan resolusi 50MP, atau bisa juga 16 pixel menjadi sebuah pixel berukuran 2,4 mikron dan resolusi 12,5MP.

Mode pixel binning 4 in 1 tersebut bisa dipakai untuk merekam video 8K dengan frame rate 30fps, dan sensornya pun mendukung mode perekaman 4K HDR dengan frame rate 60fps.

Lalu di Isocell HP2 ini Samsung juga punya teknologi baru bernama Dual Vertical Transfer Gate yang bisa membantu sensor mengurangi gambar overexposure (terlalu terang) dan menghasilkan warna yang lebih baik dalam kondisi terang.

Sementara itu untuk meningkatkan kualitas gambar dalam kondisi kurang cahaya, sensor ini juga dilengkapi dengan Super QPD untuk meningkatkan kecepatan autofokusnya.

Samsung menyebut Isocell HP2 saat ini sudah diproduksi massal, yang semakin menambah keyakinan kalau sensor ini bakal dipakai di HP flagship mereka tersebut.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Mengintip Fitur Epik Samsung Galaxy S23 Ultra"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT