iPhone dan iPad Masa Depan Pakai Layar MicroLED, Apa Itu?

iPhone dan iPad Masa Depan Pakai Layar MicroLED, Apa Itu?

ADVERTISEMENT

iPhone dan iPad Masa Depan Pakai Layar MicroLED, Apa Itu?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 16 Jan 2023 15:50 WIB
iPhone 14
iPhone dan iPad Masa Depan Akan Pakai Display MicroLED Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Apple saat ini sedang mengembangkan teknologi display microLED untuk beberapa perangkatnya. Teknologi baru ini diprediksi hadir di iPhone, iPad, dan Mac masa depan.

Menurut laporan jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, Apple sudah mengembangkan teknologi display microLED selama enam tahun. Proyek dengan kode T159 ini dimulai pada tahun 2017 dengan tujuan untuk menggantikan display yang disediakan mitra Apple seperti Samsung dan LG.

Ini akan menjadi display pertama yang dirancang sendiri oleh Apple, mengikuti chip Apple Silicon yang merupakan rancangan mereka sendiri. Gurman sebelumnya melaporkan display microLED ini akan debut di Apple Watch Ultra generasi baru pada tahun 2024.

Setelah debut di Apple Watch Ultra, Gurman memprediksi Apple akan menggunakan display microLED di iPhone, lalu diikuti dengan iPad dan Max. Ia meyakini semua produk penting Apple akan memiliki layar microLED, tapi implementasi untuk Mac kemungkinan akan membutuhkan waktu hingga satu dekade.

Gurman mengatakan display microLED akan membawa beberapa keuntungan mulai dari layar yang lebih cerah, reproduksi warna yang lebih baik, dan dapat dilihat dari sudut manapun.

"Mereka (microLED) membuat gambar terlihat seperti dilukis di atas kaca perangkat dan merupakan pencapaian teknologi yang cukup mengagumkan," kata Gurman, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (16/1/2023).

Display microLED menggunakan dioda pemancar cahaya (LED) yang ukurannya sangat kecil untuk backlight yang digunakan layar. Ukuran LED-nya jauh lebih kecil ketimbang teknologi mini- LED yang digunakan iPad Pro 12,9 inch.

Display seperti ini lebih sulit untuk dibuat, tapi bisa menawarkan warna yang lebih akurat, warna hitam yang lebih gelap, dan kontras yang lebih baik. Teknologi microLED juga tidak mengakibatkan burn-in pada layar yang biasa ditemukan di panel LCD atau OLED.



Simak Video "Rencana Apple Pindahkan Produksi iPhone ke Luar China"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT