Intel Pamer Raptor Lake Berkecepatan 6GHz

Intel Pamer Raptor Lake Berkecepatan 6GHz

ADVERTISEMENT

Intel Pamer Raptor Lake Berkecepatan 6GHz

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 12 Jan 2023 20:38 WIB
Intel Core Generasi 12
Foto: Intel
Jakarta -

Intel memamerkan kemampuan prosesor Raptor Lake terbarunya, yang bisa mencapai kecepatan 6GHz dengan sistem pendingin yang terbilang standar dan yang jelas tanpa perlu di-overclock.

Kemampuan prosesor yang tak disebut namanya ini ditunjukkan oleh Intel Gaming Technical Marketing Lead Jason Xie. Xie memamerkan kemampuan prosesor terbaru Intel itu hanya dengan sistem pendingin all in one dari Corsair dan motherboard dengan label Intel RVP (reference validation platform).

Benchmark yang dipakai Xie adalah 7-Zip, yang berjalan di background bersama Intel XTU (Extreme Tuning Utility) dan HWiNFO untuk menunjukkan kalau tak ada trik khusus yang dipakainya agar bisa mencapai 6GHz.

Meski memang bisa mencapai kecepatan setinggi itu dalam beberapa thread, kecepatannya sendiri tak bertahan lama. Menurut Xie hal itu terjadi karena ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap clock speed.

Contohnya adalah suhu ruangan, dan faktor seperti pasokan daya, suhu, software, dan sistem operasi yang tak memilih core tepat untuk menjalankan tugas yang ada, demikian dikutip detiKINET dari Techspot, Kamis (12/1/2023).

Tak cuma itu, Xie juga menunjukkan kalau prosesor itu bisa menghasilkan performa sama saat dipasang ke motherboard yang tersedia di pasaran. Sebagai contoh, ia menggunakan motherboard Asus Z790 dengan pendingin Corsair yang sama.

Meski tak disebutkan namanya, kemungkinan prosesor Raptor Lake yang dipamerkan ini adalah Core i9-13900KS, yang sempat muncul dalam sebuah video dan terlihat bisa di-overclock hingga 9GHz.

Varian dengan kode "KS" ini punya thermal design power (TDP) 150W, yang merupakan TDP untuk Processor Base Power (PL1), yang artinya TDP maksimalnya akan jauh lebih tinggi. Sebagai perbandingan, Core i9-13900K punya TDP 125W dan TDP maksimal 253W.

Belum diketahui kapan Core i9-13900KS ini akan dirilis dan berapa harganya. Namun yang jelas varian 13900K dijual seharga USD 589, jadi mungkin varian "KS" harganya akan ada di kisaran USD 600 hingga USD 700.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Komisi I DPR RI Sayangkan WNI Jadi Agen Intel Asing di Kaltara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT