Intel Unison Bisa Bikin Windows 11, Android, dan iOS "Berteman"

Intel Unison Bisa Bikin Windows 11, Android, dan iOS "Berteman"

ADVERTISEMENT

Intel Unison Bisa Bikin Windows 11, Android, dan iOS "Berteman"

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 08:36 WIB
Intel Unison
Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Selain memamerkan prosesor generasi ke-13 bernama Raptor Lake versi desktop, Intel juga memperkenalkan sebuah software baru untuk menghubungkan PC dan ponsel.

Nama software tersebut adalah Unison, atau tepatnya Intel Unison, yang bisa menghubungkan PC dengan ponsel, yaitu antara Windows 11 dengan Android ataupun iOS, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (30/9/2022).

Lewat Unison, pengguna bisa membagikan file, mengatur notifikasi, pesan dan telepon. Hanya saja, Unison hanya didukung di PC dengan prosesor Intel generasi ke-13 dan beberapa laptop Intel Gen 12 yang bersertifikasi Intel Evo.

Kemampuan Unison yang bisa membuat iOS dan Windows 11 "berteman" ini terbilang unik, karena sebelumnya Windows 11 hanya bisa dipasangkan dengan Android, salah satunya lewat software Phone Link (atau Your Phone) buatan Microsoft.

Tampaknya yang membedakan Unison dengan software lain ini adalah karena Unison berbasis dari Screenovate, perusahaan software yang pada 2021 lalu diakuisisi oleh Microsoft.

Dengan Unison, ponsel akan dihubungkan ke PC lewat jaringan WiFi ataupun Bluetooth, dan akan punya fungsi berbeda tergantung ponsel yang terhubung. Misalnya, fungsi multiparty messaging tak akan didukung di iPhone, dan juga beberapa fitur lainnya.

"Keuntungannya adalah pengguna PC Windows tak perlu memilih perangkat perangkat sesuai PC yang mereka punya. Mereka punya iPhone, mereka punya ponsel ANdroid, dan semua perangkat yang mereka mau pakai bisa terhubung dengan kemampuan ini," jelas Josh Newman, VP of mobile innovation di Intel.

Sistem manajemen notifikasi pihak ketiga di Android ataupun iOS juga akan berfungsi berbeda, tergantung dukungan dari aplikasi yang mengeluarkan notifikasi.

Intel Unison akan tersedia di beberapa PC keluaran Acer, HP, dan Lenovo pada akhir 2022, dan tersedia di PC berbasis Intel gen 13 pada awal 2023 mendatang.



Simak Video "Komisi I DPR RI Sayangkan WNI Jadi Agen Intel Asing di Kaltara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT