Intel Boyong Core i9-13900K ke Indonesia, Diklaim terkencang di Dunia

Intel Boyong Core i9-13900K ke Indonesia, Diklaim terkencang di Dunia

ADVERTISEMENT

Intel Boyong Core i9-13900K ke Indonesia, Diklaim terkencang di Dunia

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 08 Des 2022 21:40 WIB
Alexis Crowell, Vice President, Sales Marketing & Communications Group and Managing Director, Asia Pacific Territory, Intel Corporation
Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Intel meresmikan kehadiran jajaran prosesor generasi ke-13 untuk desktop PC di Indonesia alias Raptor Lake, termasuk Core i9-13900K yang diklaim terkencang di dunia.

Ada enam seri prosesor Raptor Lake yang diboyong ke Indonesia, termasuk di antaranya adalah Core i9-13900K. Huruf K ini menandai kalau prosesor dengan 24 core dan 32 thread tersebut punya multiplier yang tak dikunci alias unlocked, sehingga mudah di-overclock.

24 core itu terbagi menjadi 8 performance core dan 16 efficient core, dan punya clock speed 3GHz untuk performance core dan 2,2GHz untuk efficient core, yang bisa ditingkatkan dengan berbagai mode turbo yang ada di prosesor ini.

"Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan prosesor 13th Gen Intel Core terbaru yang sudah unlocked pada hari ini di Indonesia untuk memberikan pengalaman gaming, streaming, recording, dan kreasi konten bagi konsumen di Indonesia," kata Alexis Crowell, VP Sales Marketing & Communications Group and Managing Director, Asia Territory Intel, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Crowell pun membanggakan prosesor yang diklaimnya terkencang di dunia ini karena bisa dioverclock. "Para overclocking enthusiast akan senang dengan kemampuan overclocking yang tak tertandingi ini," tambahnya.

Prosesor Raptor Lake ini bisa dipasangkan dengan motherboard berchipset Intel 600 dan Intel 700. Dukungan RAM-nya adalah DDR 5 dan tetap mendukung standar DDR4. Sehingga pengguna bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia.

Intel juga menjanjikan performa yang terjaga meski menggunakan RAM DDR4, baik itu untuk mengolah foto, video, render 2D maupun 3D. Performa Raptor Lake ini diklaim 15% lebih baik untuk single thread dan 41% lebih tinggi di multi thread.

Fitur Andalan Intel Core Gen 13th:

  • Intel Adaptive Boost Technology dan Thermal Velocity Boost - yang secara oportunistik
    meningkatkan frekuensi-frekuensi clock pada prosesor berdasarkan daya dan thermal headroom saat diberikan beban kerja tertentu. Tersedia dalam SKU Intel Core i9 yang sudah unlocked.
  • Lebih banyak E-cores di seluruh Intel Core i5, i7, i9 - sehingga mendorong lompatan besar dalam kinerja multi-threaded dan pengalaman multi-tasking/megatasking yang lebih baik bagi pengguna.
  • Mendukung PCIe Gen 5.0, dengan hingga 16 lane prosesor.
  • Meningkatkan memory support ke DDR5-5600 dan DDR5-5200, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan DDR4.
  • L2 cache hingga 2x dan L3 cache yang meningkat.

Saat ini jajaran prosesor Intel generasi ke-13 ini sudah mulai dijajakan di Indonesia dengan harga mulai Rp 5,7 juta untuk varian termudah dan Rp 10 juta untuk varian tertingginya.



Simak Video "Komisi I DPR RI Sayangkan WNI Jadi Agen Intel Asing di Kaltara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT