Apple Pastikan Prosesor iPhone Bakal 'Made in America'

Apple Pastikan Prosesor iPhone Bakal 'Made in America'

ADVERTISEMENT

Apple Pastikan Prosesor iPhone Bakal 'Made in America'

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 08 Des 2022 11:25 WIB
Ilustrasi TSMC
Ilustrasi TSMC. Foto: Dok. TSMC
Jakarta -

TSMC meresmikan pabrik chip barunya di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, dan Apple pun berencana memakai prosesor yang dibuat di pabrik tersebut.

Peresmian pabrik itu langsung dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden dan CEO Apple Tim Cook, yang juga menyatakan kalau chip dari pabrik tersebut akan dipakai di iPhone dan MacBook.

"Chip ini akan dipakai di iPhone dan MacBook, seperti yang dijanjikan Tim Cook. Apple sebelumnya harus membeli semua chip canggih dari luar negeri. Kini kita akan melakukan lebih banyak rantai pasokan mereka di sini," kata Presiden Biden di acara peresmian tersebut.

Konsumen pabrik baru TSMC itu tentu tak cuma Apple, melainkan juga AMD dan Nvidia. Bagi kedua perusahaan itu, pabrik di AS akan memastikan ketersediaan chip dan waktu produksi yang lebih singkat. Apple, AMD, dan Nvidia pun memastikan akan menjadi konsumen pertama yang memesan dari pabrik tersebut.

Setelah pabrik di Arizona itu, TSMC juga memastikan akan membangun pabrik keduanya di Phoenix mulai tahun 2023 mendatang, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (8/12/2022).

Peresmian pabrik TSMC itu juga menandai kedatangan peralatan produksi pertama, yang juga dihadiri oleh para konsumen TSMC, pegawai, pejabat lokal, dan juga wartawan.

Sebagai informasi, TSMC adalah "penyedia layanan" pembuatan chip, yang layanannya itu dipakai oleh perusahaan seperti Apple, AMD, Nvidia, dan banyak pabrikan lain untuk memproduksi chipnya. Bahkan Intel pun memakai jasa TSMC untuk memproduksi chipnya yang paling canggih.

Prosesor pertama yang diproduksi di pabrik tersebut adalah dengan fabrikasi 4nm, yang dijadwalkan akan dimulai pada 2024. Sementara fab kedua akan beroperasi pada 2026 dan memproduksi chip 3nm.

TSMC menggelontorkan dana sebesar USD 40 miliar untuk pabrik ini, salah satu investasi asing langsung yang terbesar dalam sejarah AS. Dua fab yang ada tersebut akan memproduksi lebih dari 600 ribu wafer pertahun saat sudah optimal nanti pada 2026. Jumlah yang menurut Pemerintah AS cukup untuk memenuhi kebutuhan chip AS.



Simak Video "Ada 2 Miliar Perangkat Apple Aktif di Seluruh Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT