2,32 Miliar iPhone Terjual Sejak Diperkenalkan Steve Jobs di 2007

2,32 Miliar iPhone Terjual Sejak Diperkenalkan Steve Jobs di 2007

ADVERTISEMENT

2,32 Miliar iPhone Terjual Sejak Diperkenalkan Steve Jobs di 2007

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 11 Jan 2023 17:10 WIB
SAN FRANCISCO, CA - JANUARY 9: Apple CEO Steve Jobs holds up the new iPhone that was introduced at Macworld on January 9, 2007 in San Francisco, California. During the keynote Jobs introduced the new iPhone which will combine a mobile phone, a widescreen iPod with touch controls and a internet communications device with the ability to use email, web browsing, maps and searching. The iPhone will start shipping in the US in June 2007. (Photo by David Paul Morris/Getty Images)
Apple Telah Menjual 2,32 Miliar iPhone Sejak Steve Jobs Perkenalkan 2007. Foto: David Paul Morris/Getty Images
Jakarta -

Pada 9 Januari 2007, Steve Jobs secara resmi mengumumkan kepada dunia bahwa Apple akan meluncurkan tiga model produk baru, iPod, ponsel dan perangkat yang terhubung dengan internet.

Dan mengejutkannya bukan tiga produk yang diluncurkan. Melainkan satu perangkat yang memiliki tiga fungsi memutar musik, bisa digunakan untuk menelpon dan dapat dipakai menjelajahi internet.

Steve Jobs menyebut perangkat tersebut dengan nama iPhone. Ponsel yang kemudian mengubah dunia.

Sejak pengumuman tersebut, sebagian besar pendapatan Apple dihasilkan dari iPhone. Menurut data yang diungkap Francisco Jerinomo, VP fot Data & Analytics - Device IDC, Apple sudah menjual 2,32 miliar iPhone sejak 16 tahun lalu.

Sebelum iPhone pertama lahir, ponsel pada saat itu memiliki layar yang lebih kecil, tombol fisik. Sementara yang menawarkan layar sentuh masih dihitung jari.

Segera setelah Apple meluncurkan iPhone pertama, tidak butuh waktu lama bagi raksasa seperti Google dan Microsoft untuk membuat perangkat lunak berkemampuan multitouch sendiri.

Sistem operasi Google Android berkembang pesat hingga saat ini. Sayangnya Microsoft gagal mempopulerkan Windows Phone meski sudah menggandeng Nokia.

Malah keputusan Nokia menggunakan Windows Phone membawanya ke jurang kehancuran. Mahkota sebagai raja ponsel setelah sekian lama berhasil direbut kompetitor, dan kini masih terus berupaya bangkit di tengah persaingan sengit.

Kembali ke iPhone, ponsel Apple ini telah berkembang pesat dan menjangkau lebih banyak pengguna. Layar menjadi lebih besar, ada banyak kamera yang menawarkan banyak fungsi, dan masa pakai baterai yang lumayan.

Pun begitu ada beberapa perubahan yang tidak diapresiasi oleh banyak orang. Misalnya, penghapusan jack audio 3,5mm pada tahun 2016 memaksa pembuat ponsel Android melakukan hal yang sama, membuat pelanggan tidak senang.

Tahun lalu, Apple mulai menjual model iPhone 14 di AS tanpa SIM fisik, dan banyak yang percaya bahwa di tahun-tahun mendatang perubahan ini akan diterapkan di negara lain dan produsen smartphone lainnya.

Untungnya, tahun ini Apple akhirnya dapat menyingkirkan port Lightning, menggantinya dengan USB-C untuk semua model iPhone 15. iPhone pertama bahkan tidak memiliki port Lightning dan mengandalkan port pengisian daya 30 pin.



Simak Video "Apple Bakal Jual Murah iPhone 13 Refurbished"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT