Apple Fokus Garap Headset VR, Produk Lain Ditelantarkan?

Apple Fokus Garap Headset VR, Produk Lain Ditelantarkan?

ADVERTISEMENT

Apple Fokus Garap Headset VR, Produk Lain Ditelantarkan?

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 19:15 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Pada tahun 2023 ini Apple disebut bakal fokus pada pengembangan headset mixed reality (AR/VR) yang bakal bernama Reality Pro, dan hal tersebut berdampak pada lini produk lain Apple.

Apple tampaknya wajib membuat pengalaman pengguna di headset tersebut sempurna mengingat harganya yang mungkin mencapai USD 3000, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (10/1/2023).

Reality Pro disebut sebagai produk paling rumit yang pernah digarap oleh Apple, yang artinya mereka harus mengerahkan banyak waktu, uang, dan sumber daya manusia untuk menggarap headset tersebut.

Hal tersebut membuat ada beberapa lini produk Apple menjadi tidak diperbarui pada 2023. Setidaknya itulah analisis Mark Gurman dari Bloomberg dalam laporan mingguan Power On-nya.

Gurman menyebut lini iPad Pro tidak akan mendapat pembaruan besar pada tahun 2023. Menurutnya Apple memang sedang menggarap tablet dengan layar lebih besar, namun tablet tersebut tak akan dirilis pada tahun ini.

Bahkan pembaruan dari iPad Pro 11 inch dan 12,9 inch itu juga tak akan dirilis sampai pertengahan pertama 2024. Yaitu saat Apple menggunakan panel OLED untuk jajaran iPad Pro tersebut.

Begitu juga dengan jajaran iPad seri lain, seperti iPad Mini, iPad Air, dan iPad standar, yang mungkin hanya akan mendapat pembaruan spesifikasi minor. Apple Watch Series 9 pun mungkin hanya akan mendapat peningkatan performa yang minor.

Namun khusus untuk iPhone, nasibnya akan berbeda dibanding lini produk lain. Akan ada beberapa pembaruan signifikan di produk andalan Apple itu, misalnya Dynamic Island akan diboyong ke iPhone 15 non Pro.

Lalu iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra akan diperbarui dengan rangka titanium, naik kelas dari rangka stainless steel yang saat ini dipakai. Oh ya, tombol volume di jajaran iPhone itu pun akan diubah menjadi non fisik. Jadi tombolnya hanya akan memberikan getaran haptic saat ditekan, mirip dengan Touch ID di beberapa seri iPhone.

Khusus iPhone 15 Pro dan Ultra akan dilengkapi dengan USB-C yang menggantikan Lightning, dan dilengkapi dengan chip A17 Bionic yang diproduksi oleh TSMC dengan proses 3nm. Sementara varian non Pro masih menggunakan A16 Bionic 4nm yang dipakai di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.



Simak Video "Apple Siapkan Headset Mixed Reality Harga Terjangkau"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT