Headset VR Apple Terancam Batal Rilis 2023

Headset VR Apple Terancam Batal Rilis 2023

ADVERTISEMENT

Headset VR Apple Terancam Batal Rilis 2023

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 09 Jan 2023 08:45 WIB
microsoft hololens
Microsoft HoloLens. Foto: Angkatan Darat AS
Jakarta -

Headset AR/VR Apple yang disebut bakal dipamerkan ke publik pada 2023 ini terancam tertunda kehadirannya. Ada apa?

Rumor ini dihembuskan analis Ming-Chi Kuo, yang biasanya punya prediksi tepat terkait produk-produk Apple. Menurutnya Apple mengalami masalah di pengembangan headset tersebut.

Hal tersebut berpotensi menunda pengumuman dan perilisan headset ini, yang pada awalnya disebut akan pertama dipamerkan pada Januari 2023. Akibat masalah ini, Kuo menyebut headset tersebut baru akal dipamerkan di ajang WWDC 2023 yang digelar pada pertengahan tahun.

Masalah pengembangan ini menurut Kuo terjadi pada aspek uji ketahanan, tepatnya drop test pada komponen mekanik, serta masalah pengembangan software-nya. Namun diharapkan masalahnya tak terlalu besar sehingga penundaannya tidak terlalu lama.

Menurutnya headset ini baru akan dipasarkan ke publik pada akhir Q2 2023 atau bahkan Q3 2023. Sedikit lebih lama dibanding ekspektasi awal yang menyebut headset tersebut mulai dijajakan pada awal Q2 2023, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (9/1/2023).

Rumor kehadiran headset ini sudah ada sejak bertahun lalu, begitu juga dengan pengembangannya. Informasi terbaru menyebut kalau headset tersebut akan menggunakan dua platform yang berbeda, yaitu rOS (Reality Operating System) yang berbasis iOS, dan xrOS yang berbasis macOS.

Hal ini kabarnya dilakukan agar headset tersebut bisa mengalihkan sebagian pengolahan data ke iPhone penggunanya. Ke depannya memang diharapkan headset tersebut bisa berdiri sendiri, alias tak membutuhkan perangkat lain seperti iPhone untuk pengolah data, dan saat itulah platform yang dipakai adalah xrOS.

Spesifikasi headset dari rumor yang beredar saat ini terlihat cukup mewah, seperti punya 15 kamera, sensor gerakan kepala yang sangat banyak, dukungan spatial audio, dual 8K OLED, dan chip Apple M2. Meski jika melihat gaya Apple dalam membuat produk selama ini, mungkin spesifikasi tersebut terlalu tinggi.

Namun yang jelas CEO Apple Tim Cook sudah berulang kali menyebut ketertarikan Apple terhadap teknologi AR dan VR, yang mereka anggap sebagai teknologi yang akan populer di masa depan.



Simak Video "Apple Siapkan Headset Mixed Reality Harga Terjangkau"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT