iPhone 16 Pro Punya Kamera Face ID Bawah Layar

iPhone 16 Pro Punya Kamera Face ID Bawah Layar

ADVERTISEMENT

iPhone 16 Pro Punya Kamera Face ID Bawah Layar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 11 Jan 2023 11:06 WIB
Jakarta -

Rumor soal iPhone 16 series sudah beredar bahkan sebelum iPhone 15 dirilis. Kabarnya, iPhone 16 Pro yang meluncur tahun depan akan menggunakan teknologi Face ID bawah layar.

Laporan dari media Korea Selatan The Elec mengatakan Apple akan menempatkan sensor yang dibutuhkan untuk Face ID di bawah layar. Saat tidak digunakan, kamera TrueDepth untuk Face ID tidak akan terlihat di bawah layar sehingga terlihat menyatu dengan area layar di sekitarnya.

Laporan tersebut menegaskan bahwa punch-hole untuk kamera depan iPhone 16 Pro masih akan tetap ada, hanya kamera Face ID saja yang dipindah ke bawah layar. Namun area display secara keseluruhan akan ditingkatkan.

The Elec menambahkan Apple juga berencana menggunakan kamera depan bawah layar, tidak hanya kamera Face ID, untuk iPhone masa depan. Perubahan desain ini berpotensi menghilangkan semua jenis notch atau punch-hole di layar iPhone.

Prediksi ini sesuai dengan roadmap yang diungkap oleh analis DSCC Ross Young pada Mei 2022. Dalam cuitannya di Twitter, Young meramal iPhone 16 masih akan menggunakan Dynamic Island dengan notch berbentuk pill dan lingkaran, sedangkan iPhone 16 Pro menggunakan punch-hole dan Face ID bawah layar.

Sedangkan untuk teknologi kamera depan dan kamera Face ID bawah layar, prediksi Young menyebutkan akan debut di iPhone 18 Pro pada tahun 2026, seperti dikutip dari MacRumors, Rabu (11/1/2023).


Teknologi kamera bawah layar sendiri sudah diterapkan oleh beberapa vendor ponsel, termasuk ZTE dan Samsung, namun kualitasnya masih belum optimal. Memindahkan kamera Face ID ke bawah layar tentu akan lebih menantang dibandingkan kamera depan biasa karena kamera TrueDepth bertugas untuk memetakan dan menganalisa wajah pengguna untuk keperluan biometrik.

Apple sendiri saat ini masih menggunakan desain notch tradisional di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, serta Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Menurut rumor yang sudah beredar, semua varian iPhone 15 akan menggunakan teknologi Dynamic Island. Jika rumor soal Face ID bawah layar untuk iPhone 16 Pro jadi kenyataan, kemungkinan umur Dynamic Island tidak akan bertahan lama.

(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT