Dyson Bikin Headphone Unik, Ada Air Purifier-nya

Dyson Bikin Headphone Unik, Ada Air Purifier-nya

ADVERTISEMENT

Dyson Bikin Headphone Unik, Ada Air Purifier-nya

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 09 Des 2022 12:10 WIB
Dyson Zone
Dyson Zone. Foto: Dok. Dyson
Jakarta -

Dyson selama ini dikenal sebagai perusahaan yang berkutat dengan produk-produk yang menggunakan kipas, vacuum cleaner, hair dryer, dan air purifier. Namun kini mereka merilis produk di luar itu, yaitu sebuah headphone active noise cancelling (ANC), namun tetap berkaitan dengan udara.

Ya, headphone bernama Dyson Zone tersebut dilengkapi dengan air purifier, alias penjernih udara. Perusahaan asal Inggris itu mengklaim butuh enam tahun untuk pengembangan Zone, dan hasilnya diklaim bisa memberikan kualitas suara yang jernih dan imersif, serta punya ANC yang canggih.

Soal kemampuan penjernih udaranya, Dyson mengklaim Zone bisa menangkap 99% polusi partikel berukuran hingga 0,1 mikron, sementara K-Carbon yang dipakai bisa menangkap gas asam umum yang sering ada di polusi perkotaan, termasuk NO2 dan SO2.

Zone didesain untuk bisa memenuhi dua hal, yaitu kebisingan dan polusi yang ada di kota-kota besar secara bersamaan. Baterai headphone ini diklaim bisa bertahan 50 jam untuk mode audio dan 4 jam untuk mode audio dan penjernihan udara, dan bisa diisi ulang dari kosong sampai penuh dalam waktu 3 jam lewat port USB-C.

Setiap earcup Zone dilengkapi kompresor untuk mengalirkan udara menuju filter dua lapis dan memproyeksikan dua aliran udara yang telah dijernihkan ke hidung dan mulut pemakai melalui visor non-kontak yang dapat dilepaskan.

Kompresor yang dirancang secara presisi, berputar hingga 9.750rpm, mengalirkan udara melalui filter dua lapis, dirancang secara cerdas agar sesuai dengan ruang yang cukup terbatas pada headphone.

Dyson Zone menggabungkan mikrofon tambahan untuk fungsi telepon, memungkinkan panggilan telepon, rekaman suara, dan kontrol suara. Fungsi telepon menggunakan sistem feed-forward active noise cancelling dalam proses yang disebut beamforming.

Sistem ANC-nya bergantung pada 11 mikrofon yang ada pada headphone ini. Tingkat kebisingan yang bisa diredam diklaim mencapai 40db.

Oh ya, Zone juga bisa terhubung ke aplikasi MyDyson seperti beberapa produk Dyson lain. Lewat aplikasi ini pengguna bisa menyesuaikan kecepatan aliran udara dan mode noise-cancellation serta menyesuaikan pemerataan audio sesuai dengan preferensi pengguna, yang dapat dipilih berdasarkan tiga mode yang tersedia.

Jadi lewat aplikasi ini, pengguna bisa memantau tingkat kebisingan dan kondisi polusi udara di sekitarnya secara sekaligus.

Akselerometer yang terpasang mampu memantau tingkat aktivitas pengguna, menyesuaikan aliran udara yang telah dijernihkan dengan tepat saat dalam mode otomatis dengan visor terpasang.

Deteksi kepala juga memungkinkan produk berubah ke mode standby saat tidak dipakai, dan melepaskan visor akan mengaktifkan mode percakapan, menghentikan penjernihan dan menjeda pemutar musik, sehingga mengoptimalkan daya tahan baterai secara cerdas.

Dyson Zone baru akan dijual pada Januari 2023 mendatang, dan akan dijual di negara-negara tertentu. Sayangnya Dyson tak mengungkap apakah Indonesia termasuk negara yang kebagian headphone ini. Soal harga, di Amerika Serikat Dyson Zone akan dijual dengan harga USD 949, atau sekitar Rp 14 jutaan.



Simak Video "Menilik Kebolehan Headphone Anting-anting Berhias Mutiara"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT