EcoTank, Teknologi Irit Tinta Printer Andalan Epson

EcoTank, Teknologi Irit Tinta Printer Andalan Epson

ADVERTISEMENT

EcoTank, Teknologi Irit Tinta Printer Andalan Epson

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 05 Des 2022 16:46 WIB
Printer Epson
Foto: Dok. Epson
Jakarta -

Epson punya teknologi andalan untuk mengirit tinta, namanya EcoTank, yang dibenamkan di sejumlah seri printernya.

Misalnya adalah deretan produk seri L dan M. Pada seri L3210 dan L3250 memiliki kemampuan cetak, pindai dan salin dengan connectivity USB dan WiFi. Sementara itu L5290 dengan tambahan fitur fax dan ADF plus koneksi ethernet.

"Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki L Series, pengguna dengan mudah melakukan berbagai kebutuhan mencetak melalui mesin printer. Dengan fitur Wifi, kita dapat memaksimalkan kinerjanya dengan mencetak melalui sistem jarak jauh," kata Syahrizal Aprianto, Senior Manager Product Marketing Printer & Business Development PT Epson Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET, Senin (5/12/2022).

Produk Epson yang menggunakan sistem EcoTank memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan teknologi laser printer. Dengan EcoTank, sistem kerja printer menggunakan mekanisme sederhana dalam pencetakan.

Tidak menggunakan pemanas, tidak kontak langsung dengan kertas dan menggunakan tinta cair. Hal itu, membuatnya lebih cepat dalam pencetakan pertama, konsumsi daya listrik yang rendah dan fleksibilitas media yang tinggi.

Syahrizal pun meminta pengguna printer Epson untuk memakai tinta asli Epson, karena akan membuat mesin printer terjaga kualitasnya. Selain itu, pemakaian tinta palsu juga akan menggugurkan garansi printer.

"Pemakaian tinta palsu dengan kualitas di bawah standar yang asli, akan mempercepat kerusakan pada print head. Memang harga jualnya lebih murah, itu supaya kompetitif. Tapi, ketika print head rusak atau macet, kerugiannya tidak murah. Harga print head cukup mahal sehingga lebih baik jika customer menjaga keawetan print head dengan menggunakan tinta asli," jelasnya.

"Untuk klaim garansi, kita memiliki alat khusus untuk mendeteksi apakah printer yang digunakan menggunakan tinta asli atau palsu. Kita berharap pengguna memakai tinta asli agar usia printer lebih panjang," tutupnya.



Simak Video "China Bakal Bangun Bendungan Menggunakan Printer 3D"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT