Viral di WhatsApp Dugaan Set Top Box Meledak, Kominfo Buka Suara

Viral di WhatsApp Dugaan Set Top Box Meledak, Kominfo Buka Suara

ADVERTISEMENT

Viral di WhatsApp Dugaan Set Top Box Meledak, Kominfo Buka Suara

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 29 Nov 2022 16:15 WIB
Pemerintah memastikan siaran TV analog di Jabodetabek akan dimatikan pada tanggal 2 November 2022.
Ilustrasi Set Top Box. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Broadcast yang menarasikan set top box meledak viral di WhatsApp hingga Facebook. Akhirnya, isu ini mendapatkan tanggapan dari Kominfo. Pihaknya mengaku masih melakukan penyelidikan.

Soal dugaan set top box meledak, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi Ismail mengatakan penyebabnya bisa jadi konsleting hingga arus pendek.

"Harus dicari lah, penyebab kebakaran kan macam-macam ya. Ada konsleting, ada arus pendek. Jadi saya belum mau komentar, cari info dulu," ujarnya dalam Rakernas Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) di Jakarta, Selasa (29/11) ketika dikonfirmasi oleh detikINET.

Set top box (STB) adalah perangkat elektronik tambahan agar pengguna bisa menikmati layanan siaran TV digital. Harga yang ditawarkan bervariasi, Rp 150 - 500 ribuan.

Saat ini, Analog Switch Off (ASO) sudah diterapkan di kawasan Jabodetabek dan akan menyusul di wilayah lain. Suntik mati TV analog dilakukan secara bertahap.

Di tengah sosialisasi penggunaan set top box, broadcast dengan narasi kebakaran yang disebabkan oleh STB tiba-tiba meramaikan linimasa. Hingga saat ini, belum ada pihak yang bisa memastikan penyebab dari kebakaran yang diklaim berasal dari ledakan set top box yang overheat.

Tidak diketahui juga apakah set top box yang digunakan sesuai dengan standar dari Kominfo atau tidak. Jika kamu belum tahu ingin membeli set top box yang mana, silahkan cek artikel di bawah ini:



Simak Video "Daftar Harga 70 STB TV Digital Resmi Kominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT