Siapa yang Belum Dapat Set Top Box Gratis? Segera Cek Sebelum Nyesel

Siapa yang Belum Dapat Set Top Box Gratis? Segera Cek Sebelum Nyesel

ADVERTISEMENT

Siapa yang Belum Dapat Set Top Box Gratis? Segera Cek Sebelum Nyesel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 28 Nov 2022 17:15 WIB
Petugas melayani warga untuk mendapatkan set top box gratis di Posko Respon Cepat Penanganan bantuan STB di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022). Posko ini didirikan untuk membantu warga yang kurang mampu membeli set top box untuk siaran digital.
Jumlah set top box gratis yang disalurkan kepada penerima manfaat untuk menikmati siaran TV digital masih terbilang kecil. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Jumlah set top box gratis yang disalurkan kepada penerima manfaat untuk menikmati siaran TV digital masih terbilang kecil. Masyarakat bisa mengecek langsung secara online, apakah termasuk bagian penerima bantuan set top box atau tidak.

Berdasarkan data per tanggal 23 November 2022 pukul 08.30 WIB, jumlah set top box gratis TV digital yang sudah disalurkan itu 1.356.852 unit dari 5.540.222. Itu artinya, masih ada sebanyak 4.183.370 unit set top box gratis yang belum mendapatkan tuannya.

Adapun sumber bantuan tersebut berasal dari stasiun TV yang juga penyelenggara multipleksing (mux), seperti Emtek Grup, Media Grup, MNC Grup, Transmedia, RTV, Viva Grup, Nusantara TV, dan nanti sisanya dibantu oleh Kementerian Kominfo.

Syarat dan Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis TV Digital:

  • Wilayah yang terdampak Analog Switch Off (ASO)
  • Termasuk rumah tangga miskin ekstrem sesuai dengan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE)
  • Memiliki perangkat TV analog
  • Memiliki identitas diri (e-KTP)

Nah, bila detikers memenuhi kriteria dan persyaratan sebagai penerima Set Top Box TV digital gratis namun belum mendapatkan bantuan disarankan segera mengeceknya.

Link Cek Penerima Set Top Box TV Digital Gratis

Hal pertama yang dilakukan adalah mengakses laman https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/. Selanjutnya ikuti langkah berikut:

  • Memasukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia
  • Klik "Pencarian"
  • Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli
  • Jika mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko. Jam operasional layanan call center : Senin - Jum'at (kecuali libur nasional)vPukul 08.00 - 16.00 WIB

Saat ini pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) dari 22 wilayah layanan siaran di Indonesia, migrasi TV analog ke digital baru dilakukan di 132 wilayah siaran atau 230 kabupaten/kota, termasuk Jabodetabek.

Sehingga, pelaksanaan ASO masih menyisakan 92 wilayah siaran atau 284 kabupaten/kota yang masih jadi pekerjaan rumah Kominfo dan penyelenggara multipleksing.

Ada sejumlah kota-kota besar yang akan dilakukan migrasi TV analog ke digital, di antaranya: Jawa Barat-1: Kota Bandung dan sekitarnya, Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya, Jawa Timur-1: Kota Surabaya dan sekitarnya, Kepulauan Riau-1: Kota Batam dan sekitarnya.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT