Google Bilang Face Unlock di Pixel 7 Tak Terlalu Aman

Google Bilang Face Unlock di Pixel 7 Tak Terlalu Aman

ADVERTISEMENT

Google Bilang Face Unlock di Pixel 7 Tak Terlalu Aman

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 13 Okt 2022 06:45 WIB
Google Pixel 7, Pixel 7 Pro, dan Pixel Watch
Foto: Dok. Google
Jakarta -

Google melengkapi Pixel 7 dan Pixel 7 Pro dengan sensor sidik jari dan pengenal wajah sebagai sistem keamanan biometriknya. Namun menurut mereka, fitur pengenal wajahnya itu tak terlalu aman.

Teknologi pengenal wajah atau face unlock ini bergantung pada chip Tensor 2 dan model machine learning untuk beroperasi. Namun Google menganggap face unlock ini tak terlalu aman, sehingga tak bisa dipakai untuk otentifikasi pembayaran mobile.

Jadi untuk keperluan tersebut, pengguna perlu mengotentifikasi menggunakan sensor sidik jari yang ada di bawah layar, begitu juga untuk keperluan login dan verifikasi identifikasi saat pengguna login ke dalam sebuah aplikasi menggunakan akun Google.

Menurut Google, sistem pengenal wajah yang dipakai itu harus punya tingkat kesalahan di bawah 7%, yaitu saat sistemnya bisa diakali untuk login menggunakan, misalnya foto. Untuk saat ini, sistem yang dipakai di Pixel 7 dan 7 Pro tingkat kesalahannya masih lebih dari 20%.

Ditambah lagi, karena sistem pengenal wajah ini menggunakan kamera, maka sistemnya akan sulit dipakai saat kondisi kurang cahaya. Berbeda dengan teknologi Face ID di iPhone yang menggunakan kamera infra merah Apple TrueDepth Camera, yang tetap beroperasi dengan baik di kondisi gelap.

Sebenarnya di Pixel 4 Google pernah menggunakan komponen serupa dengan Face ID. Namun biaya yang dikeluarkan Google saat itu terlalu besar karena jumlah Pixel 4 yang diproduksi terlalu kecil dibandingkan dengan iPhone. Alhasil tampaknya kini Google enggan menggunakan teknologi itu kembali.

Seperti diketahui, sistem Face ID di iPhone menggunakan kamera inframerah untuk membuat gambar tiga dimensi dari wajah penggunanya. Jadi sistem tersebut tak bisa diakali menggunakan foto.

Google sendiri sebenarnya pernah punya ide untuk membuat sistem pengenal wajah dengan kameranya itu lebih aman. Yaitu dengan mewajibkan penggunanya menggunakan ekspresi muka tertentu saat memakainya, misalnya tersenyum atau mengedipkan mata.

Namun ide ini tak jadi diterapkan karena akan memperlambat proses login. Alhasil untuk saat ini, face unlock di Pixel 7 hanya bisa dipakai untuk membuka lock screen, yang sebenarnya tetap berguna ketimbang login menggunakan pin atau pola garis.

[Gambas:Youtube]



(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT