Unik, Fitur Andalan HP Google Pixel 7 Adalah Panggilan Telepon

Unik, Fitur Andalan HP Google Pixel 7 Adalah Panggilan Telepon

ADVERTISEMENT

Unik, Fitur Andalan HP Google Pixel 7 Adalah Panggilan Telepon

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 09 Okt 2022 13:15 WIB
Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro
Foto: Google
Jakarta -

Semakin hari ponsel semakin canggih, dan bahkan sudah layak disebut sebagai miniatur komputer. Namun pabrikan ponsel terlihat melupakan fitur utama dari sebuah ponsel, yaitu panggilan telepon.

Mungkin hal inilah yang dilihat oleh Google sebagai celah untuk diisi, sebagai diferensiasi dibanding ponsel-ponsel lainnya. Dalam presentasinya, Brian Rakowski, VP Product Management Google, memamerkan sebuah fitur untuk meningkatkan kualitas panggilan telepon, salah satunya Clear Calling.

"Pixel 7 didesain sebagai ponsel terbaik untuk melakukan panggilan telepon," jelas Rakowski di presentasinya itu.

Ia melanjutkan, Pixel 7 mempunyai fitur Clear Calling untuk meningkatkan kualitas audio dari panggilan telepon, dan Direct My Call untuk memudahkan pengguna saat menghubungi nomor call center, di mana pengguna biasanya mesti menekan sejumlah nomor terlebih dahulu sebelum bisa "tiba" di tujuan akhir panggilan telepon tersebut.

Juga ada beberapa fitur yang sebelumnya sudah ada di ponsel Pixel lain, termasuk Hold for Me dan Call Screen, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (7/10/2022).

Namun yang paling menarik tentulah Clear Calling, yang sebelumnya sudah sempat muncul dalam software Google versi beta. Fitur ini menggunakan machine learning untuk mengurangi suara dari latar dari lawan bicara pengguna Pixel 7.

Sehingga pengguna Pixel 7 bisa mendengar suara lawan bicaranya dengan lebih jernih. "Bahkan jika mereka (lawan bicaranya) ada di jalanan dengan angin kencang ataupun restoran yang berisik," tulis Jonathan Eccles dalam postingan blog resmi Google.

Tentu saja Google bukan perusahaan pertama yang menawarkan fitur semacam ini. Ada AMD dan Nvidia yang juga menawarkan fitur serupa untuk conference call di PC, juga Apple lewat fitur Voice Isolation-nya.

Namun baru Google yang membanggakan fitur semacam ini dengan mempresentasikannya saat perilisan produk. Tak seperti Apple yang menyembunyikan fitur Voice Isolation dalam sub menu yang tersimpan dalam di menu pengaturannya.

Sejak mereka merilis Pixel 3 pada 2018, panggilan telepon tampaknya memang menjadi fitur yang diandalkan oleh Google. Misalnya lewat fitur Call Screen di Pixel 3, yang akan menyaring panggilan telepon spam yang masuk. Rakowski menyebut pada 2021 lalu, Call Screen dipakai di 600 juta panggilan telepon.

Lalu pada tahun 2020, Google juga merilis fitur Hold for Me, yang membuat Google Assistant bisa memantau panggilan yang sedang di-hold, dan akan memberi tahu penggunanya saat panggilan tersebut sudah dijawab oleh lawan bicara.



Simak Video "Keunggulan Chip Tensor G2, Prosesor Google Pixel 7 dan 7 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT