Intip Teknologi Dynamic Computing pada ColorOS 13 di OPPO Reno8 Series

Intip Teknologi Dynamic Computing pada ColorOS 13 di OPPO Reno8 Series

Intip Teknologi Dynamic Computing pada ColorOS 13 di OPPO Reno8 Series

Atta Kharisma - detikInet
Minggu, 09 Okt 2022 18:01 WIB
OPPO Reno8 Pro 5G
Foto: Dok. OPPO
Jakarta - Peran perangkat pintar semakin penting bagi kehidupan sehari-hari. Karenanya, pengalaman penggunaan yang mulus dan lancar secara konsisten menjadi salah satu hal penting yang diinginkan semua orang.

Begitu pula dengan smartphone. Sejak diluncurkan lebih dari satu dekade lalu, pengoptimalan performa masih menjadi tantangan terbesar yang dihadapi industri smartphone.

Kendati ada peningkatan besar pada RAM dan ROM smartphone dalam sepuluh tahun terakhir, masalah seperti kecepatan membuka aplikasi, peralihan antar aplikasi yang lambat, suhu smartphone yang terlalu panas serta konsumsi daya tinggi masih menjadi perhatian utama pengguna.

Untuk mengatasi masalah tersebut, OPPO telah mengembangkan pusat komputasi tingkat sistem bernama Dynamic Computing Engine di ColorOS 13 yang akan segera hadir pada perangkat OPPO Reno8 Series.

Dynamic Computing Engine: Pusat Komputasi Tingkat Sistem OPPO

Dynamic Computing Engine OPPOFoto: OPPO

Dynamic Computing Engine di ColorOS menggunakan Computing Power Model untuk mengalokasikan sumber daya perangkat keras secara efektif dan akurat. Dengan mengoptimalkan empat teknologi komputasi (Parallel Computing, High-Performance Computing, Device-Cloud Collaborative Computing, dan Intelligent Computing), Dynamic Computing Engine memberikan pengalaman penggunaan yang lebih lancar dan stabil, bahkan dalam jangka waktu yang lebih panjang pada perangkat OPPO.

Dynamic Computing Engine merupakan platform teknologi canggih yang menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghadirkan kinerja dan efisiensi yang maksimum. Sedangkan teknologi Computing Power Model dan Parallel Computing Engine diimplementasikan untuk membantu memecahkan masalah kinerja yang terkait dengan alokasi sumber daya yang tidak efisien dan konflik alokasi memori.

Computing Power Model: Keseimbangan antara Kinerja Tinggi dan Konsumsi Daya Rendah

Computing Power ModelFoto: OPPO

Teknologi Computing Power Model mampu secara akurat menjadwalkan sumber daya komputasi baik dari CPU, GPU dan DDR.

Setiap kali smartphone membuka aplikasi permainan atau kamera, CPU hanya berperan sebagai 'asisten' ketimbang mengalokasikan sumber dayanya untuk tugas ringan ini. Teknologi Computing Power Model ini dapat mengurangi konsumsi daya sekaligus memperpanjang masa pakai baterai.

Parallel Computing: Pengalaman Yang Mulus saat Penggunaan Berat Dan Multitasking

Komputasi paralel menjadi solusi untuk mengatasi konflik alokasi memori. ColorOS mengadopsi desain microkernel canggih yang menjalankan operasi alokasi memori serta pengambilan kembali memori secara paralel.

Dengan membagi memori yang terkunci menjadi blok yang lebih kecil, CPU dapat bekerja lebih optimal untuk menghasilkan lebih sedikit waktu jeda.

Pengalaman Lebih Lancar dengan ColorOS 13 di OPPO Reno8 Series

Dengan platform teknologi canggih Dynamic Computing Engine, ColorOS 13 menghadirkan berbagai pengalaman yang lebih lancar dan cerdas. Dalam hal produktivitas, ColorOS 13 memiliki fitur Multi-Screen Connect yang mendukung konektivitas tanpa batas antara OPPO Reno8 Series 5G dan OPPO Pad Air, atau antara OPPO Reno8 Series 5G dan PC/laptop.

Dengan fitur OPPO Share, Multi-Screen Connect juga membuat transfer file antar perangkat lebih cepat dan nyaman tanpa menggunakan data seluler.

Untuk pengalaman interaktif, ada Quantum Animation Engine yang mampu meningkatkan efek animasi menjadi lebih nyata. Teknologi ini menambahkan detail ekstra dan model gerakan canggih yang membuat interaksi ColorOS menjadi lebih mulus.

Selain itu, ColorOS 13 turut memperkenalkan Behavioral Prediction yang dapat mengenali serta memprediksi input yang diinginkan pengguna saat dua gerakan layar sentuh dibuat satu demi satu. Hal ini untuk mencegah konflik antara dua operasi sekaligus memberi pengguna interaksi yang lebih halus dan lebih intuitif.

ColorOS 12 dan 13Foto: OPPPO

Dari segi daya, ColorOS 13 hadir dengan fitur LTPO 2.0 yang dapat meminimalisir konsumsi daya melalui integrasi erat antara perangkat keras dan perangkat lunak. Teknologi ini juga mampu mengurangi refresh rate di Always-On Display menjadi hanya 1Hz, yang menghasilkan pengurangan konsumsi daya hingga 30% di aplikasi tertentu.

Ini menciptakan lebih banyak kemungkinan bagi pengguna untuk mempersonalisasikan Always-On Display tanpa harus khawatir tentang masa pakai baterai ponsel.

Dalam hal privasi dan keamanan di ColorOS 13, Pixelate dapat secara otomatis mengaburkan gambar profil dan nama pengguna pada tangkapan layar percakapan. Fitur Private Safe juga telah diperbarui dengan enkripsi file AES yang menjadi standar industri.

ColorOS 13Foto: OPPO

Tentunya OPPO tidak akan berhenti sampai di sini saja. OPPO akan terus mengembangkan Dynamic Computing Engine dalam sistem ColorOS mendatang, dan memberikan dukungan yang lebih kuat untuk fitur serta konten lainnya.

Dengan menambahkan teknologi High-Performance Computing, Device-Cloud Collaborative Computing, dan Intelligent Computing, kamu bisa merasakan pengalaman menggunakan sistem operasi yang lebih cerdas pada tingkatan yang lebih tinggi.

Untuk menikmati performa perangkat yang selalu lancar di jangka waktu yang lama, OPPO Reno8 Pro 5G akan mendapatkan ColorOS 13 versi Beta pada September. Disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022. OPPO juga akan terus menghadirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

Dengan keunggulan yang memberikan keamanan berlapis, kamu tak perlu ragu lagi dengan keamanan tingkat tinggi dari perangkat OPPO Reno8 Series yang satu ini. Dapatkan OPPO Reno8 Series kamu di OPPO Gallery, OPPO Store, dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

(ads/ads)