Jangan Asal Klik, Kenali 5 Indikator Perizinan Aplikasi di Smartphone

ADVERTISEMENT

Jangan Asal Klik, Kenali 5 Indikator Perizinan Aplikasi di Smartphone

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Jumat, 23 Sep 2022 09:48 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Berbagai macam perizinan dibutuhkan untuk mengakses suatu aplikasi. Sebab, perizinan ini berkaitan dengan akses terhadap data dan privasi pengguna smartphone.

Namun sayang, tak sedikit justru asal klik memberi izin akses aplikasi tanpa membaca peruntukannya terlebih dahulu. Salah-salah, hal ini justru mengancam data dan privasimu untuk dapat diakses orang lain yang tak bertanggung jawab.

Untuk itu, yuk kenali lebih lanjut 5 indikator perizinan aplikasi smartphone penting berikut yang dilansir dari situs Make Us Of.

1. Mikrofon

Permintaan akses dari aplikasi perekaman suara ke mikrofon mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika game gratis yang baru saja Anda instal meminta izin akses ke mikrofon? Hal ini tentu mencurigakan.

Di tahun 2017, The New York Times melaporkan beberapa game di Google Play dan App Store terintegrasi dengan perangkat lunak Alphonso Automated Content Recognition. Adapun perangkat ini menggunakan mikrofon perangkat smartphone Anda untuk mengidentifikasi film dan acara TV yang sedang diputar di sekitar Anda, lalu mengambil informasi tersebut untuk membangun profil iklan yang lebih sesuai dengan preferensi Anda.

Beberapa dari Anda mungkin tak ingin hal ini terjadi. Apalagi jika aplikasi yang terhubung dengan akses mikrofon pada perangkat memiliki kemampuan untuk mendengarkan apa yang Anda lakukan. Untuk itu, sebaiknya cek dulu baik-baik tentang aplikasi apa saja yang sebaiknya Anda setujui untuk ini.

2. Kamera

Tak hanya mikrofon, beberapa aplikasi juga kerap meminta izin untuk mengakses kamera pada perangkat Anda. Meskipun banyak aplikasi memerlukan izin ini untuk alasan yang sah, baik untuk mengambil gambar atau memindai kode, hal ini juga sama bahayanya dengan akses mikrofon. Pasalnya, dengan akses penuh ke kamera, aplikasi dapat mengambil gambar kapan saja diinginkan.

Bahkan, jika perangkat memiliki akses internet, aplikasi dapat membagikan foto-foto itu ke seseorang atau perangkat lainnya. Jadi, pastikan untuk mengawasi indikator-indikator mencurigakan yang muncul sebelum mengizinkan sebuah aplikasi mengakses kamera Anda.

3. Lokasi

Pada dasarnya, lokasi umum Anda bukanlah rahasia besar. Mengingat alamat IP dapat memberi informasi lokasi Anda. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk mengizinkan semua aplikasi untuk mengakses lokasi Anda. Pasalnya, hal ini bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum untuk berbuat jahat.

Sebaiknya, pilihlah aplikasi yang memang memerlukan akses lokasi Anda. Misalnya, Google Maps membutuhkan lokasi Anda untuk dapat memberi petunjuk arah. Atau, aplikasi restoran sering menanyakan lokasi Anda agar mereka dapat dengan mudah memberi tahu rekomendasi restoran terdekat.

4. Kontak

Beberapa aplikasi meminta akses ke kontak Anda untuk mempermudah berbagi dan mencari teman. Misalnya, aplikasi seperti Telegram, WhatsApp, atau Line akan memeriksa kontak Anda untuk melihat daftar teman yang juga menggunakan aplikasi tersebut. Sayangnya, beberapa aplikasi kerap menyalahgunakan izin ini.

Beberapa aplikasi jahat dapat mengunggah daftar kontak Anda ke server pengiklan, atau mengirim spam ke kontak Anda dengan tautan untuk mendaftar ke berbagai aplikasi. Untuk menghindari hal ini, Anda harus ekstra hati-hati jika ingin memberi izin akses kontak, terutama untuk aplikasi yang mencurigakan.



Simak Video "Smartphone-nya Para Expert, OPPO Reno8 Series 5G"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT