Dynamic Island Bakal Jadi Fitur Standar iPhone

ADVERTISEMENT

Dynamic Island Bakal Jadi Fitur Standar iPhone

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 20 Sep 2022 06:46 WIB
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max
Foto: Getty Images
Jakarta -

Dynamic Island saat ini baru tersedia di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Namun ke depannya, fitur ini diperkirakan akan jadi fitur bawaan semua iPhone.

Setidaknya itulah perkiraan dari analis Ross Young, yang lewat akun Twitternya menyebut Dynamic Island akan tersedia di semua model iPhone 15, bukan cuma varian Pro, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (20/9/2022).

Jika benar, maka Dynamic Island ini bakal resmi menjadi pengganti notch yang pertama diperkenalkan di iPhone X saat dirilis pada 2017. Meski begitu, bukan berarti semua fitur layar varian Pro akan sama dengan varian reguler.

Menurut Young, iPhone 15 reguler tetap tidak akan dilengkapi dengan panel LTPO 120Hz, komponen yang ada di balik fitur always on display dan ProMotion yang ada di iPhone 14 Pro.

Hal itu menurut Young terjadi karena rantai pasokan komponen tidak bisa mendukung jika varian iPhone menggunakan teknologi tersebut.

Seperti diketahui, Dynamic Island adalah potongan pada layar iPhone berbentuk lonjong untuk menyimpan sensor FaceID, kamera depan, dan sensor lainnya. Sekilas hal ini terlihat tidak impresif, karena sudah sering dilakukan oleh pabrikan Android.

Namun bedanya, Apple menyembunyikan potongan tersebut dengan tampilan antarmuka iOS menggunakan animasi. Salah satu pemakaiannya adalah untuk menampilkan notifikasi, atau juga menunjukkan aplikasi yang sedang aktif di latar.

Jika benar, seharusnya fitur ini bisa menambah ketertarikan calon pembeli iPhone 15, tak seperti iPhone 14 yang perubahannya sangat minim dibanding iPhone 13.

Diberitakan sebelumnya, Layar iPhone 14 Pro masih berukuran 6,1 inch, demikian pula iPhone 14 Pro Max 6,7 inch. Keduanya menggunakan layar OLED LTPO yang mendukung refresh rate 1-120Hz.

Apple membuat bezelnya lebih tipis dari sebelumnya, kecerahannya pun mencapai 2.000 nits. Dan akhirnya Apple memperkenalkan fitur Always on Display.

Sementara itu iPhone 14 masih menggunakan layar 6,1 inch Super Retina XDR OLED, yang tingkat kecerahan maksimalnya 800 nits, dan bisa digeber sampai 1.200 nits. Refresh ratenya 60 Hz dan resolusinya 1.170 x 2.532 pixel (460 ppi).

[Gambas:Youtube]



(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT