Ini Fitur Android yang Ditiru iPhone 14 Pro dari Android

ADVERTISEMENT

Ini Fitur Android yang Ditiru iPhone 14 Pro dari Android

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 08 Sep 2022 12:15 WIB
iPhone 14 Pro
iPhone 14 Pro. Foto: Apple
Jakarta -

Deretan pembaruan yang ada di iPhone 14 Pro terlihat membosankan, karena tak ada yang benar-benar baru dan sebelumnya sudah diterapkan di sejumlah HP Android. Apa saja?

Ini bukan pertama kalinya Apple 'mencuri' fitur Android untuk diterapkan di iPhone. Mereka beberapa kali tampaknya memang menerapkan model ATM, amati, tiru, modifikasi untuk fitur-fitur di iPhone, dan biasanya, mereka punya penerapan yang lebih bagus dibandingkan di Android.

1. Dynamic Island

Apple akhirnya menghilangkan notch di iPhone, tepatnya di iPhone 14 Pro, dan menggantinya dengan hole punch. Jangan senang dulu, ukuran lubangnya tetap besar, lebarnya mungkin sama dengan notch yang ada di seri iPhone 13.

Apple memang menyebut kalau hole punch ini hanya 30% lebih kecil dibanding notch yang sebelumnya dipakai. Karena di dalamnya tetap ada berbagai sensor seperti yang sebelumnya disimpan di dalam notch.

Seperti sensor kamera depan, proximity sensor, sensor FaceID, dan lain sebagainya. Oh ya, sensor proximity ini ditanam di bawah layar yang menghasilkan gambar, bukan di dalam hole punch.

Dynamic Island, begitu Apple menyebut fitur ini. Secara singkat, ini adalah fitur di mana software akan menyesuaikan tampilan dengan hole punch berbentuk lonjong di ponsel tersebut.

iPhone 14 ProiPhone 14 Pro Foto: Apple

Misalnya, tampilan notifikasi, panggilan telepon, dan berbagai informasi interaktif lain, yang ditampilkan dengan gambar berlatar hitam untuk menutupi hole punch yang ada. Termasuk kontrol lagu yang sedang diputar, tampilan arah peta, juga aplikasi pihak ketiga seperti skor pertandingan yang sedang berlangsung.

Apple mengklaim setiap notifikasi ini punya karakter dan ciri khasnya sendiri. Tujuan utamanya adalah bisa menampilkan informasi penting tanpa mengganggu pengguna dari aplikasi yang sedang dipakai.

Refresh rate dan fitur lainnya, ada di halaman berikutnya>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT