Apa S Pen Galaxy Z Fold 3 dan S22 Ultra Bisa Dipakai di Z Fold 4?

ADVERTISEMENT

Apa S Pen Galaxy Z Fold 3 dan S22 Ultra Bisa Dipakai di Z Fold 4?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 15 Agu 2022 11:00 WIB
S Pen
Apakah S Pen Galaxy Z Fold 3 dan S22 Ultra Bisa Dipakai di Galaxy Z Fold 4?. Foto: Samsung
Jakarta -

Samsung baru saja meluncurkan smartphone foldable terbaru miliknya, Galaxy Z Fold 4. Dalam paket penjualan, perangkat tersebut tidak dibekali dengan S Pen. Apakah S Pen Galaxy Z Fold 3 masih bisa digunakan?

Serupa dengan namanya, Fold 4 merupakan buah karya generasi keempat dari inovasi Samsung akan perangkat ponsel layar lipat.

Sejumlah peningkatan teknologi dibenamkan pada Fold 4 untuk menunjang produktivitas dan multitasking pengguna, seperti layar utama lebih besar menjadi 7,6 inci, refresh rate 120Hz, hingga kehadiran fitur taskbar yang menawarkan layout layaknya PC untuk perpindahan ke aplikasi yang berlangsung cepat.

"Kalau sekarang kegiatan banyak dilakukan di luar, baik itu meeting maupun presentasi. Mereka ingin perangkat yang compact, makanya dengan adanya foldable untuk menjawab kebutuhan mereka. Khususnya ada fitur taskbar, bisa melakukan tiga display sekaligus dalam satu layar, itu sangat mudah dengan drag and drop," ujar Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience SEIN Verry Octavianus.

Verry mengungkapkan bahwa S Pen versi sebelumnya pada Galaxy Z Fold 3 itu masih bisa digunakan di Galaxy Z Fold 4. Tetapi, S Pen dari S22 Ultra tidak akan berfungsi.

"Kalau S Pen tidak bisa menggunakan dari S22 Ultra. Meski S Pen yang khusus, seperti Fold 3 dan juga S Pen Pro itu bisa digunakan untuk layar sentuh bagian dalam," ujar Verry.

Dengan pemanfaatan S Pen dalam pengoperasian Fold 4, pengalaman pengguna dalam multitasking dapat berjalan dengan nyaman, seperti untuk menggambar atau mencatat.

Samsung Galaxy Z Fold 4 & Galaxy Z Flip 4Samsung Galaxy Z Fold 4 Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Kendati begitu, Samsung menyediakan S Pen Fold Edition yang dapat makin mengoptimalkan pemakaian Galaxy Z Fold 4 dengan ujung perangkat ini 1,5 mm sehingga lebih presisi dan latensinya lebih rendah.

Adapula versi S Pen Pro yang kompatibel dengan berbagai perangkat Galaxy lainnya dan didukung BLE. Alat ini ukurannya lebih panjang mencapai 173,7 mm dengan bobot 14 gram, sedangkan S Pen Fold Edition itu 132 mm serta beratnya 8 gram.



Simak Video "Menggenggam Galaxy Z Fold 4"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT