Catat! Ini Tanggal Peluncuran Oppo Reno8 di Indonesia

ADVERTISEMENT

Catat! Ini Tanggal Peluncuran Oppo Reno8 di Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 21:45 WIB
Oppo Reno8
Catat! Ini Tanggal Peluncuran Oppo Reno8 di Indonesia Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

Setelah diumumkan secara global, akhirnya Oppo akan segera membawa Reno8 ke Indonesia. Ponsel kelas menengah ini akan diluncurkan pada 3 Agustus 2022.

Sebenarnya kehadiran Oppo Reno8 sudah terendus sejak memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan lolos uji Ditjen SDPPI. PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan Reno8 akan membawa banyak peningkatan, terutama dari segi fotografi portrait.

Reno8 juga akan menjadi seri Reno pertama yang mengusung chip neural processing unit (NPU) MariSilicon X. Chip ini pertama kali dikenalkan di Oppo Find X5 series dan akan hadir di varian tertinggi Oppo Reno8 yakni Reno8 Pro.

"MariSilicon X menjadi satu-satunya Oppo dedicated NPU yang akan hadir di perangkat Reno untuk pertama kalinya," kata Aryo dalam acara Reno Portrait Workshop di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

"Kami mengembangkan chipset NPU ini memang pada awalnya pada perangkat Find X5 series. Namun, sesuai dengan yang namanya komitmen Oppo untuk membawa teknologi agar bisa dinikmati oleh lebih banyak orang lagi, maka kami berupaya menghadirkan chipset NPU buatan Oppo ke perangkat Oppo Reno series," sambungnya.

Menurut Aryo, kehadiran MariSilicon X di Oppo Reno8 akan menghasilkan foto portrait yang berbeda dengan model Oppo Reno generasi berikutnya. Berkat chip ini, Oppo Reno8 bisa mengambil foto portrait saat malam hari dan kondisi minim cahaya.

Aryo menjelaskan ada beberapa keuntungan dari menggunakan NPU khusus seperti MariSilicon X untuk pemrosesan hasil foto. Dengan chip MariSilicon X, ponsel Oppo jadi bisa memproses pencitraan dengan lebih cepat dan lebih hemat daya karena menggunakan Extra DDR Bandwidth yang terpisah dengan CPU dan GPU.

Aryo memastikan chip MariSilicon X yang akan hadir di Oppo Reno8 sama seperti yang ada di Find X5 series. Tapi kemampuan chip ini di Reno8 diklaim tidak akan kalah dibandingkan dengan yang ditawarkan di Find X5 series.

"Find X5 berarti ada optimalisasi yang dilakukan oleh partner kami Hasselblad. Tapi kalau teman-teman mau lihat bagaimana engineer Oppo bekerja dengan MariSilicon X lihat di perangkat Reno8," pungkas Aryo.

[Gambas:Youtube]



(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT