HP Nokia Takkan Pakai Kamera ZEISS Lagi, Ada Apa?

ADVERTISEMENT

HP Nokia Takkan Pakai Kamera ZEISS Lagi, Ada Apa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 26 Jul 2022 14:40 WIB
Nokia XR20
Kerjasama Berakhir, HP Nokia Tidak Akan Pakai Kamera ZEISS Lagi Foto: Digital Trends
Jakarta -

Kolaborasi antara Nokia dan ZEISS terbilang yang paling awet di industri ponsel. Ternyata, kerjasama antara keduanya diam-diam sudah berakhir sejak tahun 2021.

HMD Global, selaku pemegang merek ponsel Nokia, mengonfirmasi telah mengakhiri kerjasamanya dengan ZEISS yang difokuskan untuk menyediakan hardware kamera untuk ponsel Nokia.

Dalam keterangan resminya yang dibagikan kepada Nokiamob, ZEISS mengatakan kemitraan ini berakhir pada tahun 2021. Tapi baik ZEISS maupun HMD Global tidak memberikan alasan mengapa kolaborasi ini dihentikan.

"Setelah kolaborasi yang panjang dan sukses, pada tahun 2021 ZEISS dan HMD Global telah sepakat untuk tidak memperpanjang kemitraan non-eksklusif yang mencakup kolaborasi untuk teknologi pencitraan smartphone bermerek "Nokia" dengan ZEISS sebagai mitra konsultasi dan pengembangan," kata Zeiss dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Nokiamob, Selasa (26/7/2022).

Mengingat kerjasama ini berakhir pada tahun 2021, berarti ponsel Nokia terakhir yang mengusung hardware dan branding ZEISS adalah Nokia XR20. Belum diketahui apakah HMD Global akan mencari mitra lain untuk mengembangkan teknologi kamera di ponsel Nokia.

Kerjasama antara Nokia dan ZEISS sebenarnya sudah dimulai sejak hampir dua dekade yang lalu saat Nokia masih berada di masa jayanya. Ponsel Nokia pertama yang mengusung teknologi kamera Zeiss adalah Nokia N90 yang diluncurkan tahun 2005.

Saat kondisinya limbung, Nokia kemudian menjual bisnis ponselnya ke Microsoft, dan kemudian melisensikan merek Nokia kepada HMD Global. Ponsel Nokia dengan kamera ZEISS kemudian kembali lagi setelah HMD Global bermitra dengan ZEISS pada tahun 2017.

Saat itu, perjanjian kerjasama antara kedua perusahaan tidak hanya terbatas untuk hardware optik. ZEISS juga berkolaborasi dengan HMD Global untuk mengembangkan sensor dan algoritma baru.

Setelah tidak lagi bekerjasama dengan HMD Global, ZEISS masih memiliki kemitraan dengan Vivo. Kemitraan yang dimulai pada tahun 2020 ini telah menelurkan tiga generasi ponsel Vivo X, termasuk Vivo X80 series yang baru saja rilis.



Simak Video "Nokia Rilis HP Baru, Baterainya Bisa Tahan 3 Hari! "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT