Nokia Janjikan Ponsel 5G Murah Meriah

ADVERTISEMENT

Nokia Janjikan Ponsel 5G Murah Meriah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 22 Jul 2022 14:45 WIB
Nokia XR20
Smartphone Nokia. Foto: Nokia
Jakarta -

Ponsel 5G belakangan kian terjangkau. Namun Nokia di bawah naungan HMD Global mungkin ingin meluncurkan ponsel 5G yang lebih murah lagi di pasar negara berkembang seperti India dengan menggandeng para mitra.

"Jelas bahwa kami akan fokus pada pasar 5G yang terjangkau. Kami akan fokus membawa 5G menjangkau lebih luas melalui portofolio smartphone kami," kata CEO HMD Global, Florian Seiche.

Pada tahun 2022 ini, dia menjanjikan akan lebih banyak ponsel Nokia dengan kapabilitas 5G. "Itu adalah prioritas kami, untuk membawa pengalaman 5G dengan lebih kuat di lini smartphone kami," tambah dia seperti dikutip detikINET dari Economic Times.

"Kami ingin menghadirkan pengalaman bagus dengan biaya terjangkau. Kami telah menunjukkannya di pasar Amerika Serikat, dengan meluncurkannya dalam jumlah banyak. Di AS, pada segmen smartphone 5G terjangkau, kami termasuk memimpin saat ini," klaimnya.

Saat ini, merek Nokia dipegang oleh perusahaan bernama HMD Global, atas lisensi dari Nokia yang lebih mengutamakan bisnis infrastruktur telekomunikasi. Mereka yang mengedarkan dan menjualnya termasuk di Indonesia.

Jika dilihat dari sisi penjualan smartphone, ponsel Nokia memang tertinggal cukup jauh dari merek-merek lain. Riset dari IDC untuk kuartal IV 2021 menunjukkan bahwa smartphone Nokia laku terjual 3,2 juta unit.

Jumlah itu cukup banyak, tapi hanya mampu menempatkan Nokia sebagai produsen terbesar nomor 14 di dunia, naik dari posisi 16 di kuartal sebelumnya. Artinya, smartphone Nokia dari sisi penjualan tidak ada apa-apanya dibandingkan Samsung, iPhone, Oppo atau Xiaomi yang ada di posisi atas.

Namun beda halnya dengan feature phone, sebutan untuk ponsel murah yang sejenis dengan ponsel klasik seperti 3310. Di bisnis ini, Nokia masih perkasa sebagai produsen terbesar kedua di dunia, hanya kalah dari iTel Mobile dari China.

[Gambas:Youtube]



(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT