Susul Apple dan Samsung, Xiaomi Bikin Pabrik Ponsel di Vietnam

ADVERTISEMENT

Susul Apple dan Samsung, Xiaomi Bikin Pabrik Ponsel di Vietnam

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 07 Jul 2022 19:30 WIB
pabrik xiaomi , perakitan xiaomi redmi note 7
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta -

Setelah Apple dan Samsung, kini Xiaomi juga membuat pabrik besar di Vietnam untuk memproduksi ponselnya.

Tujuan pembuatan pabrik ini adalah untuk meningkatkan efisiensi pengiriman produk dan mengurangi biaya logistik untuk menyuplai pasar Asia Tenggara. Dan ponsel generasi pertama yang dibuat di pabrik itu pun kini sudah dikapalkan ke konsumen.

Biaya pengiriman untuk pasar Asia Tenggara meningkat sejak pandemi COVID-19 dan biaya logistik pun ikut meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Untuk mengatasi itu, Xiaomi pun membuat pabrik di Vietnam, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (6/7/2022).

Selain untuk memenuhi pasar di Vietnam, produk dari pabrik tersebut juga akan dikirim ke negara Asia Tenggara lain, seperti Malaysia dan Thailand. Selain Vietnam, pusat produksi ponsel Xiaomi lain juga ada di China dan India.

Pabriknya berlokasi di Vietnam bagian Utara dan mempunyai luas 200 ribu meter persegi, dengan nilai investasi sebesar USD 80 juta. Pasar Xiaomi di Vietnam memang terbilang besar, karena mereka saat ini ada di posisi kedua di bawah Samsung, dengan pangsa pasar 22%.

Pada awal 2021 lalu, Foxconn mendapat izin membangun pabrik baru di Vietnam untuk memproduksi MacBook dan iPad. Saat sudah beroperasi, pabriknya bakal memproduksi delapan juta unit produk setiap tahunnya.

Sebelumnya juga diberitakan seorang sumber menyebut Foxconn akan memindahkan produksi iPad dan MacBook-nya ke Vietnam. Kepindahan ini menurutnya atas permintaan Apple, dan bertujuan untuk mengurangi dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Namun sebaliknya, pada November 2021 lalu dikabarkan Samsung bakal memindahkan produksi ponselnya dari Vietnam ke India dan Indonesia. Ini merupakan bagian dari restrukturisasi kapasitas produksi Samsung di tujuh pabriknya yang ada di Asia.

Saat ini Samsung memiliki dua pabrik di Vietnam yang memproduksi 182 juta ponsel dalam setahun. Angka ini setara dengan 60% dari total kapasitas produksi Samsung di seluruh dunia.



Simak Video "Menantikan Xiaomi Mix Fold 2, Penantang Ponsel Layar Lipat Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT