MacBook Pro M2 Kok SSD-nya Lebih Lambat dari M1?

ADVERTISEMENT

MacBook Pro M2 Kok SSD-nya Lebih Lambat dari M1?

Anggoro Suryo - detikInet
Selasa, 28 Jun 2022 20:46 WIB
MacBook Pro M2
MacBook Pro. Foto: Apple
Jakarta -

MacBook Pro 13 dengan chip M2 sudah mulai dijual di luar negeri, dan meskipun chip M2 lebih kencang dari M1, SSD yang dipakai kok malah lebih lambat ya?

Perbandingan ini dilakukan oleh sejumlah kreator di YouTube seperti Max Tech dan Created Tech, yang membandingkan MacBook Pro M2 termurah dengan MacBook Pro M1 termurah, yang sama-sama menggunakan storage 256GB.

Pengujian dilakukan menggunakan Blackmagic Disk Speed Test, yang merupakan software uji sintetis untuk mengukur performa dan kecepatan transfer dari storage, baik internal maupun eksternal, di Mac.

Hasil perbandingan antara MacBook Pro M1 dengan M2 ini cukup menarik, karena kecepatan baca dan tulis storage antara keduanya terpaut cukup jauh. Berikut hasil pengujiannya:

  • MacBook Pro M1: 2900 MB/s (read speed) dan 2215 MB/s (write speed)
  • MacBook Pro M2: 1446 MB/s (read speed) dan 1463 MB/s (write speed)

Namun perbedaan kecepatan ini tak terjadi pada MacBook Pro M2 yang lebih mahal, alias yang kapasitas storagenya lebih besar, yaitu 512GB. Dari pengujian yang dilakukan oleh Zollotech, MacBook Pro M2 512GB punya kecepatan baca dan tulis yang sama dengan MacBook Pro m1.

Untuk mengetahui penyebabnya, Created Tech membongkar laptop anyar Apple itu untuk melihat komponen internalnya. Ternyata Apple memang melakukan perubahan pada komponennya.

Jika MacBook Pro M1 menggunakan dua chip NAND untuk versi 256GB, MacBook Pro M2 menggunakan satu buah chip NAND 256GB. Saat perangkat mempunyai dua chip, maka kecepatannya akan lebih cepat jika digabungkan secara paralel, semacam sistem RAID 0 yang lazim dipakai di PC kencang.

Tak jelas apa yang jadi alasan Apple dalam perubahan ini, namun salah satu kemungkinannya adalah biaya produksi pemakaian satu chip NAND lebih rendah dibanding pemakaian dua chip NAND, demikian dikutip detikINET dari 9to5mac, Selasa (28/6/2022).



Simak Video "Sederet Keunggulan Chipset Apple M2 di MacBook Air Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT