Microsoft Akan Cabut Dukungan Windows 8.1 Awal Tahun Depan

ADVERTISEMENT

Microsoft Akan Cabut Dukungan Windows 8.1 Awal Tahun Depan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 26 Jun 2022 17:47 WIB
Jakarta -

Saat ini pengguna Windows 8.1 mungkin bisa dihitung jari. Tapi bagi pengguna setia Windows 8.1, Microsoft mengumumkan sistem operasi tersebut akan dihentikan dukungannya pada 10 Januari 2023.

Agar pengguna tidak lupa, Microsoft akan memberikan notifikasi kepada perangkat yang masih menjalankan Windows 8.1. Notifikasi pertama akan diberikan pada Juli 2022 dan terus berlanjut sampai dukungan Windows 8.1 diakhiri pada Januari 2023.

Notifikasi yang dikirimkan Microsoft akan mirip seperti yang mereka gunakan sebelumnya untuk mengingatkan pengguna Windows 7 tentang jadwal end-of-support dan menyarankan mereka untuk upgrade ke sistem operasi terbaru.

Saat menerima notifikasi tersebut, pengguna akan melihat tiga opsi untuk diklik yaitu 'Learn more', 'Remind me later', atau 'Remind me after the end-of-support date'.

Microsoft pertama kali merilis Windows 8.1 pada tahun 2013 sebagai penerus Windows 8. Sistem operasi ini merupakan cara Microsoft untuk memperbaiki Windows 8 yang mendapatkan sambutan dingin dari pengguna.

Perusahaan besutan Bill Gates ini sebelumnya sudah menghentikan 'Mainstream Support' untuk Windows 8.1 pada Januari 2018. Tapi sistem operasi ini masih mendapatkan 'Extended Support' selama lima tahun untuk memberikan update software, update keamanan reguler, dan bantuan teknis.

Berbeda dengan Windows 7, Microsoft tidak berencana memberikan Extended Security Updates untuk Windows 8.1. Artinya pengguna bisnis tidak bisa membayar untuk mendapatkan update keamanan tambahan setelah 10 Januari 2023.

Pengguna Windows 8.1 yang masih ingin menggunakan perangkatnya disarankan untuk update ke Windows 10. Sebagian besar perangkat Windows 8.1 tidak kompatibel dengan Windows 11 karena syarat spesifikasi minimum yang cukup ketat, sehingga pilihan update terbatas hanya untuk Windows 10.

"Sebagian besar perangkat Windows 8.1 atau Windows 8 tidak akan memenuhi syarat hardware untuk upgrade ke Windows 11, sebagai alternatif, PC Windows 8 dan Windows 8.1 bisa diperbarui ke Windows 10 dengan membeli dan menginstal versi penuh software tersebut," kata Microsoft di laman dukungannya, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (26/6/2022).

Microsoft sendiri masih akan mendukung Windows 10 sampai 14 Oktober 2025. Meski dukungannya dicabut perangkat Windows 8.1 tidak akan mati begitu saja, tapi tanpa update software dan keamanan perangkatnya jadi lebih berisiko.

(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT