Laptop Premium dan Gaming Jadi Andalan Lenovo Jualan di Indonesia

Laptop Premium dan Gaming Jadi Andalan Lenovo Jualan di Indonesia

ADVERTISEMENT

Laptop Premium dan Gaming Jadi Andalan Lenovo Jualan di Indonesia

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 24 Jun 2022 12:20 WIB
Budi Janto, General Manager Lenovo Indonesia (kiri) dan Peter Yeung, Executive Director and General Manager, Consumer Business, Lenovo Asia Pacific (kanan) di kantor Lenovo Indonesia.
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Selama 2021, bisnis laptop Lenovo di Indonesia didominasi produk di segmen gaming dan laptop premium thin & light.

Hal ini diutarakan oleh General Manager Lenovo Indonesia Budi Janto dalam sesi wawancara khusus di kantor Lenovo Indonesia, Rabu (15/6/2022) lalu. Menurut Budi, Indonesia merupakan salah satu pasar utama Lenovo di Asia Pasifik.

Karena itulah, menurutnya Lenovo selalu mendengarkan kebutuhan pelanggan dan merilis produk serta layanan yang bisa memenuhi kebutuhan pasar. Selain tentunya produk-produk yang bisa meningkatkan produktivitas penggunanya.

"Ada pengguna yang perlu perangkat kencang untuk bermain game atau keperluan lainnya, ada juga yang butuh untuk keperluan bekerja, belajar, sekaligus untuk bermain game," jelas Peter Yeung, Executive Director - Consumer Business, Lenovo Asia Pacific, dalam sesi yang sama.

Namun ada juga yang butuh perangkat yang bisa memenuhi kebutuhan pekerjaan, juga untuk keperluan harian," tambahnya.

Selama 2021 sendiri, segmen laptop Lenovo tumbuh sebesar 27,1% dibanding 2020, dan pertumbuhan itu didominasi oleh segmen gaming dan premium thin & light. Sepanjang tahun 2021 itu pertumbuhan pasar secara keseluruhan hanya 11%.

Sebagai informasi, kategori laptop premium adalah laptop yang harganya di atas USD 800 atau sekitar Rp 12 juta.

"Lenovo sendiri juga bertumbuh lebih kencang dari pasar yaitu 27,1 persen. Yang lebih menarik gaming sama premium jadi segmen yang tumbuh luar biasa," jelasnya dalam wawancara tersebut.

Pertumbuhan ini salah satunya terjadi karena pandemi COVID-19, yang mengubah kebutuhan masyarakat akan kebutuhan produk teknologi. Misalnya pola bekerja dari rumah ataupun hybrid, yang membuat kebutuhan masyarakat menjadi beragam.

Lenovo pun optimis pertumbuhan segmen laptopnya masih akan naik pada tahun 2022 ini.

"Kami optimis pasarnya akan baik dan bagus. Untuk tahun ini belum ada data, tapi kalau kita lihat angkanya sih optimis. Dibanding Q4 2020, Q1 2021 segmen gaming dan premium tumbuh lebih dari 30%," tutup Budi.



Simak Video "Motorola Pamer HP Gulung di Lenovo Tech World 2022 "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT