Dosa Berjamaah Bos Nokia yang Ogah Pakai Android Berujung Fatal

Dosa Berjamaah Bos Nokia yang Ogah Pakai Android Berujung Fatal

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 17 Jun 2022 05:45 WIB
Nokia Windows Phone
Ponsel Windows Phone Nokia. Foto: Getty Images
Jakarta -

Masih tersisa berbagai cerita tentang keruntuhan ponsel Nokia di masa silam, dari sebelumnya amat digdaya. Kengototan para bos Nokia memakai Windows Phone dan bukannya Android berujung pada kegagalan.

Berikut beberapa perkataan bos Nokia yang ngotot tidak mau memakai Android di masa silam, seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Jumat (17/6/2022):

"Cukup Symbian yang bersaing dengan OS seperti iPhone dan Android. MeeGo mengambil tujuan yang jelas di ranah komputer mobile. Jadi tidak ada rencana untuk memperkenalkan sebuah perangkat Android dari Nokia," kata mantan Chairman Nokia Anssi Vanjoki dan juga mantan Mobile Solutions Chief Nokia di 2010.

"Ponsel ini (Nokia Windows Phone) adalah smartphone untuk consumer tapi juga hebat untuk bisnis. Aplikasi email-nya dan Office lebih baik dari aplikasi sejenis di Android dan iPhone. Jadi semua yang kuinginkan ada di sana (Windows Phone). Ia lebih mudah, lebih cepat dan lebih menyenangkan," kata mantan Executive Vice President of Smart Devices Nokia, Jo Harlow di tahun 2011.

"Ada kesempatan dengan menciptakan ekosistem ketiga. Dan ini akan menjadi modal kami untuk maju. Dengan Microsoft dan Windows Phone, Nokia punya kesempatan untuk membuat nama dan perangkat mereka sendiri ketimbang harus mengikut aturan Android," kata mantan CEO Nokia, Stephen Elop di tahun 2012.

"Kami tidak berada dalam situasi di mana kami mempertimbangkan sesuatu selain Windows Phone dikombinasi dengan apa yang kami kerjakan dengan Asha (ponsel murah Nokia di masa silam)," kata mantan CEO Nokia Stephen Elop di tahun 2013.

"Kita datang ke Microsoft agar bisa memberikan alternatif ketiga bagi operator setelah Android dan iOS. Dengan ragam pilihan untuk operator, juga akan memberikan tekanan untuk Samsung dan Apple," kata mantan CEO Nokia Stephen Elop di 2013.

"Kami punya teknologi mengagumkan yang perlu ditunjukkan kepada konsumen. Jika kami punya waktu 15 menit saja untuk menunjukkan kemampuan Lumia, bisa saja pengguna ponsel lain akan beralih. Ada yang bilang menggunakan Windows Phone itu susah. Mungkin ada kesan menggunakan platform selain Android itu susah. Saya bisa buktikan sebaliknya," kata mantan Executive Vice President Sales Nokia Chris Weber di tahun 2013.

Seperti diketahui, harapan Nokia agar ponsel Windows Phone meledak dan jadi alternatif selain iPhone dan Android, terbukti gagal jadi kenyataan. Bahkan bisnis ponsel Nokia sampai harus dilego ke Microsoft pada tahun 2014.



Simak Video "iPhone Kuasai Pasar Ponsel Premium Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)